6 Penyebab Koneksi Internet Lambat, Nomor 3 Bikin Kuota Habis

6 Penyebab Koneksi Internet Lambat, Nomor 3 Bikin Kuota Habis

Dendisam Media – Internet merupakan sebuah layanan yang digunakan untuk mencari informasi, berkomunikasi ataupun sebagainya. Internet sendiri menjadi sangat penting karena saat ini sebuah smartphone ataupun laptop dan komputer pasti membutuhkan internet agar bisa digunakan dengan baik, tapi apa jadinya jika internet yang kita gunakan sehari-hari justru lambat ketika digunakan? Tentu sangat menjengkelkan yaa mengingat internet itu kan ibarat alat utama, jadi jika alat utama tidak berjalan secara optimal maka akan menghambat kinerjanya.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai beberapa penyebab koneksi internet menjadi lambat, tapi sebelumnya penulis ingin mengingatkan untuk memberikan like serta berkomentar pada postingan ini karena dengan begitu penulis akan semangat membuat artikel lainnya dan pastinya bermanfaat.

Berikut 5 penyebab koneksi internet menjadi lambat.

1. Provider

6 Penyebab Koneksi Internet Lambat, Nomor 3 Bikin Kuota Habis

Provider adalah sebuah perusahaan yang menyediakan layanan telepon maupun internet, jika kamu memiliki masalah mengenai internet yang lambat atau terputus bisa jadi karena ada masalah pada providernya. Berdasarkan pengalaman saya, internet pada poin pertama ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor antara lain:

  • Gangguan Cuaca

Gangguan cuaca seperti hujan atau yang lainnya bisa menyebabkan internet menjadi lambat bahkan bisa terputus, sebenarnya tidak hanya internet saja yang bisa mengalami gangguan karena cuaca, siaran radio juga bisa terganggu karena pada dasarnya internet itu menggunakan gelombang radio.

Baca Juga :  4 Golongan Manusia Yang Haram Disentuh Api Neraka Berikut Penjelasannya

  • Maintenance

Kalau ini sudah jelas yaa pasti internet akan terasa sangat lambat sekali dan beberapa provider juga memutuskan koneksi internet pada saat maintenance, tetapi biasanya provider melakukan maintenance ketika malam hari menjelang shubuh.

  • Jam atau Waktu Tertentu

Maksudnya adalah setiap provider yang digunakan pasti memiliki jam tertentu dalam hal kecepatan internet, misalnya ketika siang internet maksimalnya hanya mencapai 200kbps saat download, tapi ketika malam bisa mencapai 2mbps saat download, hal ini bisa dikarenakan banyaknya pengguna yang menggunakan internet pada siang hari dan sepi pada malam hari.

  • Paketan

Paketan juga sangat berpengaruh dalam hal kecepatan internet, banyak yang saya lihat mengeluh karena ketika membeli paketan awalnya cepat namun lama kelamaan menjadi lambat. Sebenarnya hal ini merupakan strategi provider dalam mengatur jalur atau bandwidth internet, jadi ketika kuota internet masih banyak maka bandwidth akan diperbesar agar terlihat cepat, namun ketika kuota sudah mencapai yang sudah dibatasi maka provider akan memperkecil ukuran bandwidth sehingga menyebabkan internet menjadi lambat.

  • Jangkauan Wilayah

Jangkauan wilayah yang saya maksud adalah ketika suatu daerah hanya dapat dijangkau sedikit oleh BTS sehingga sinyal yang didapat akan kecil, ini menyebabkan internet akan menjadi lambat karena jangkauan sinyal yang begitu kecil. Bagi yang belum tau, BTS adalah Base Transceiver Station atau istilah mudahnya adalah menara yang menghubungkan antara provider atau operator kartu sim dengan alat komunikasi yang tiap hari kita gunakan.

Baca Juga :  Mau Edit Foto Bergerak dengan Musik, Gunakan 4 Aplikasi ini

2. Mengunjungi Situs Web Luar Negri

6 Penyebab Koneksi Internet Lambat, Nomor 3 Bikin Kuota Habis

Pernahkah kamu mengunjungi sebuah situs tapi sangat lama terbukanya? Ini bukan berarti internet kamu lambat tetapi situs web tersebut bisa jadi web luar negri. Tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa situs web indonesia itu cepat, bisa saja situs web tersebut menggunakan layanan dari luar negri yang menyebabkannya menjadi lambat. Dengan loading yang lama tentunya hal ini bisa membuat kuota internet cepat habis.

3. Menggunakan VPN (Virtual Private Network)

6 Penyebab Koneksi Internet Lambat, Nomor 3 Bikin Kuota Habis

Menggunakan VPN memang bisa mempercepat koneksi internet saat mengunjungi situs web luar negri, tidak hanya itu, menggunakan vpn dengan server luar seperti amerika ataupun jepang bisa juga untuk membuka situs-situs yang diblokir oleh pemerintah. Tetapi dampaknya adalah dengan menggunakan vpn berarti jalur internet yang kamu gunakan akan melewati dua jalur yaitu ke server vpn terlebih dahulu baru ke situs tujuan kamu, ini tentunya merupakan cara yang cepat untuk menghabiskan kuota internet kamu, jadi masih maukah menggunakan vpn?

4. Banyak Aplikasi Yang Berjalan

6 Penyebab Koneksi Internet Lambat, Nomor 3 Bikin Kuota Habis

Aplikasi yang berjalan pada laptop dan juga smartphone juga dapat memperlambat koneksi internet, ini bisa saja terjadi jika aplikasi tersebut menggunakan internet agar dapat berjalan. Sebaiknya jika ada aplikasi yang berjalan pada perangkat kamu segera mungkin matikan atau bila tidak digunakan silahkan uninstall.

Baca Juga :  Pengertian Database beserta Konsep ,Tipe dan Fungsinya ?

5. Performa Smartphone Yang Semakin Lama Menurun

6 Penyebab Koneksi Internet Lambat, Nomor 3 Bikin Kuota Habis

Internet yang lambat bisa juga dipengaruhi oleh performa smartphone yang lambat, dengan kondisi tersebut tentu saja internet akan terasa sangat lelet walaupun sebenarnya cepat. Hal ini tidak akan membuat kuota kamu habis karena pada dasarnya adalah smartphone tersebut tidak menyanggupi kecepatan internet yang ada. Jadi sebaiknya lakukan perawatan pada smartphone agar performanya bisa terus optimal walaupun sudah digunakan bertahun-tahun.

6. Tethering

Untuk yang satu ini saya rasa kamu sudah mengetahuinya, karena dengan melakukan tethering maka kecepatan internet yang kamu miliki akan terbagi-bagi sesuai dengan banyaknya perangkat yang tersambung.

Baca Juga : 5 Faktor Penyebab Kuota Cepat Habis Yang Jarang Diketahui

Kesimpulannya adalah lambatnya internet bisa disebabkan oleh beberapa faktor, baik itu faktor alam, penyedia internet, perangkat yang kamu gunakan ataupun diri kamu sendiri yang membuatnya lambat. Saran saya adalah cermati beberapa poin diatas agar kamu bisa menggunakan internet secara optimal.

Demikianlah artikel ini saya buat, jika ada pertanyaan jangan ragu untuk berkomentar. Sekiranya kamu menyukai artikel ini mohon dibagikan kepada orang yang membutuhkan, terima kasih.

Sumber referensi : Dianisa.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar