5 Faktor Penyebab Kuota Internet Cepat Habis Meski Tidak Digunakan

5 Faktor Penyebab Kuota Internet Cepat Habis Meski Tidak Digunakan – Internet memang sangat dibutuhkan bagi perangkat pintar seperti laptop dan gadget. Dengan menggunakan internet, kita bisa mencari informasi, menonton video dan lain sebagainya.

Tetapi untuk menggunakan internet tentu saja tidak gratis, di Indonesia sendiri terdapat beberapa provider yang menyediakan jasa internet seperti telkom, tri dan yang lainnya.

Baca Juga :  8 Cara Mempercepat Koneksi Internet Paling Ampuh Saat ini

Harga kuota internet sendiri relatif, ada yang murah dan ada yang mahal tergantung dari besaran kuotanya. Disisi lain pasti kamu pernah mengalami kuota cepat habis tanpa sebab yang jelas, hal ini memang cukup menjengkelkan karena sudah mahal-mahal beli kuota tapi habis entah kemana.

5 Faktor Penyebab Kuota Internet Cepat Habis Meski Tidak Digunakan

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan beberapa faktor mengenai kuota internet yang habis tanpa sebab.

1. Browsing di Google

Browsing di Google memang hal yang biasa dilakukan untuk mencari informasi, lalu kenapa bisa bikin kuota tersedot banyak? Hal ini bisa terjadi jika kamu membuka situs yang memakan waktu lama untuk memunculkan artikel. Dengan loading yang lama berarti situs tersebut berukuran besar dan tentu saja kamu membutuhkan kuota ekstra untuk membuka situs tersebut. Saran saya adalah jika kamu membuka situs yang loadingnya lama sebaiknya gagalkan saja dan cari situs lain.

Baca Juga :  Parah! Hacker Jual Murah Akun Facebook di Situs Dark Web

2. Iklan

Aplikasi yang biasa didownload diplaystore biasanya akan menampilkan iklan ketika digunakan, tidak hanya itu, iklan yang muncul juga ada beberapa jenis, dari iklan banner dan juga iklan video. Iklan video biasanya akan otomatis muncul dan bahkan ada yang tidak bisa diskip, tentunya ini sangat mengganggu dan tentunya akan memakan kuota yang cukup banyak. Saran saya adalah jika aplikasi tersebut bisa dijalankan secara offline atau tanpa internet, sebaiknya matikan data internet ketika menggunakan aplikasi tersebut.

Baca Juga :  2+ Tips Membuat Akun Gmail Tanpa Verifikasi Nomor HP Terbaru

3. Auto Update

Playstore akan otomatis melakukan update pada aplikasi yang di android kamu ketika ada pembaruan, update itu sendiri tentunya menggunakan kuota dan tentu saja ini juga salah satu penyebab kuota kamu cepat habis meski tidak digunakan. Untuk mematikan auto update, silahkan klik garis tiga pada playstore lalu pilih menu setelan. Pada menu update aplikasi, pilih jangan update aplikasi secara otomatis.

Baca Juga :  10 Negara Pengguna Internet Terbesar di Dunia

4. Video Instagram

Instagram merupakan salah satu sosial media yang paling banyak digunakan, instagram biasanya digunakan untuk membagikan foto atau video. Jika kamu sering menonton video diinstagram tentu saja akan memakan kuota internet kamu, jadi sebaik mungkin jangan menonton video-video yang ada diinstagram.

Baca Juga :  Apa itu Virus Komputer dan bagaimana cara menghilangkannya ?

5. Nonton Video Youtube

Kalo ini memang sudah jelas akan memakan kuota kamu dengan banyak, karena menonton video di youtube memang membutuhkan kuota yang lumayan besar, apalagi jika kamu menontonnya dengan resolusi 720p atau lebih tinggi, tentu kuota kamu akan cepat habis. Walaupun kita sering melihat iklan di TV bahwa aplikasi Youtube Go bisa menghemat kuota ya tetap saja akan memakan kuota yang besar, lagipula jika menonton video dengan resolusi rendah maka gambarnya juga tidak jelas.

Baca Juga :  2+ Cara Merubah Mode Malam di Instagram [Dark Mode] Terbaru

Kesimpulannya adalah untuk mengetahui besaran kuota yang digunakan, kamu bisa mengatur batas penggunaan kuota dipengaturan gadget kamu, jika kuota kamu habis tanpa sebab, kamu bisa menganalisanya dengan melihat aplikasi mana yang menhabiskan banyak kuota internet.

Mau tau aplikasi android yang bagus dan berguna? Baca 4 Aplikasi Android Terbaik Yang Harus Ada Di Smartphone Kamu

Sekian artikel ini kami buat, jika kamu merasa artikel ini bermanfaat, mohon dibagikan kepada orang yang membutuhkan, dan jika kamu merasa artkel ini tidak bermanfaat, yasudah tidak usah dibaca. Terima kasih.

Baca Juga :  2 Cara Cek Kecepatan Internet di Laptop dengan Mudah 2021

Tinggalkan komentar