Penyebab Utama Baterai HP Lama Penuh Ketika Diisi Ulang

  • Whatsapp
Penyebab Utama Baterai HP Lama Penuh Ketika Diisi Ulang

Dendisam Media – Baterai adalah sumber daya yang digunakan perangkat elektronik seperti handphone, laptop ataupun kamera. Dulu itu kalo baterai sudah habis maka sudah tidak bisa digunakan lagi, tetapi seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju maka saat ini baterai bisa diisi ulang atau istilahnya charging.

Jika bicara mengenai smartphone tentu saja tidak lepas dari peranan baterai, bahkan saat ini banyak sekali jenis smartphone terbaru yang menggunakan baterai tanam atau tidak bisa dilepas pasang. Tetapi kebutuhan kita terhadap smartphone memang sangat dibutuhkan dalam aktivitas sehari-hari, apa jadinya ketika kita melakukan charging tetapi lama sekali penuhnya atau bahkan tidak terisi sama sekali? Tentu sangat tidak menyenangkan yaa.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai beberapa faktor yang menyebabkan baterai lama sekali penuhnya ketika diisi ulang, untuk lebih jelas mari simak sebagai berikut.

1. Kualitas Charger atau Kabel Jelek

Penyebab Utama Baterai HP Lama Penuh Ketika Diisi Ulang

Kualitas charger atau kabel yang buruk akan mempengaruhi aliran listrik yang mengalir ke smartphone ketika diisi ulang. Pemilihan charger yang bagus tentu saja akan berdampak baik pada smartphone, maka dari itu sebaiknya gunakanlah charger bawaan original yang didapatkan ketika membeli handphone baru. Jika charger bawaan sudah rusak maka saya sarankan untuk membeli yang original, jika kamu tidak memiliki uang yang cukup maka saya sarankan untuk memilih kabel yang juga berfungsi sebagai USB dan jangan beli kabel yang panjangnya melebihi 1 meter. Untuk kepala chargernya saya sarankan jangan membeli yang harganya 20 ribuan karena bisa meledak dan menyebabkan korsleting listrik.

Baca Juga :  4 Hal Yang Harus Di Lakukan Saat Tersesat Di Gunung

2. Sumber Daya Yang Digunakan Lemah

Penyebab Utama Baterai HP Lama Penuh Ketika Diisi Ulang

Jika kamu sering mengisi ulang baterai dengan memanfaatkan port usb pada laptop maka yang kamu lakukan selama ini salah, sumber daya yang dialirkan laptop tentu saja lemah dan tidak cocok digunakan untuk mengisi ulang baterai. Bisa dipastikan bahwa baterai akan lama penuhnya dan lama kelamaan bisa merusak baterai juga karena terlalu sering menerima aliran listrik yang lemah. Untuk itu biasakanlah mengisi ulang baterai pada terminal listrik agar lebih cepat dan juga aman.

3. Kualitas Baterai Menurun

Penyebab Utama Baterai HP Lama Penuh Ketika Diisi Ulang

Kualitas baterai yang menurun dapat menyebabkan atau menghambat proses charging sehingga akan terasa lama penuhnya, maka saya sarankan untuk mengikuti dan memahami 2 poin diatas agar kualitas baterai tetap awet meski digunakan dalam waktu yang lama. Jika kualitas baterai sudah tidak bagus lagi tentu saja kamu harus mengeluarkan uang yang lumayan untuk membeli baterai baru, apalagi jika baterai yang digunakan adalah baterai tanam, tentu saja smartphone kamu harus diservice.

Baca Juga : 5 Faktor Penyebab Kuota Cepat Habis Yang Jarang Diketahui

Kesimpulannya adalah kamu harus cermat dan tau mengenai cara pengisian ulang baterai yang baik dan benar, karena jika dilakukan dengan benar dan sesuai aturan tentunya akan berdampak positif juga bagi kesehatan smartphone.

Baca Juga :  Top 4 HP Samsung Terbaru dan Terbaik 2020

Demikian artikel ini saya buat, jika ada pertanyaan jangan ragu untuk berkomentar. Sekiranya kamu menyukai artikel ini mohon dibagikan kepada orang yang membutuhkan, terima kasih.

Sumber referensi : ngonoo.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *