Pilihan Daftar Reksadana Saham 2021 Patut Anda Coba – Sepanjang tahun 2021, tidak banyak reksadana saham yang kinerjanya mampu melampaui Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) karena fluktuasi pasar yang cukup dinamis.

Artinya, menurut analisis Bareksa, reksadana saham yang kinerjanya berhasil mengungguli ataupun mendekati kinerja indeks saham acuan (IHSG), merupakan reksadana dengan strategi yang cukup aktif dan berhasil beradaptasi dengan kondisi pasar.

Baca Juga :  6 Manfaat Saham bagi Perusahaan

Secara tahunan atau year on year (YoY) terdapat 3 reksadana saham yang masuk dalam kriteria Bareksa untuk menjadi reksadana saham unggulan pada 2021 dan kinerjanya beriringan dengan IHSG, yakni :

Sumber: Bareksa, data return per 30 Desember 2021

Terdapat beberapa kriteria Bareksa atas reksadana tersebut di antaranya minimal dana kelolaan di atas Rp100 miliar, manajer investasi yang mengelola termasuk dalam daftar 15 besar dari sisi dana kelolaan, serta memiliki reputasi yang baik.

Pilihan Daftar Reksadana Saham 2021 Patut Anda Coba

Untuk diketahui, sepanjang 2021, IHSG mencatat imbal hasil 10,08 persen dengan mayoritas sektor saham mengalami kenaikan. Rincian kinerja sektor saham IHSG terlihat pada tabel berikut :

Sumber: Bursa Efek Indonesia, Bareksa Research Team, data sektor IDX-IC dimulai per 25 Jan 2021

Sektor teknologi, yang termasuk ke dalam sektor new economy membukukan kenaikan tertinggi di 2021 karena dianggap sebagai sumber terbaru pertumbuhan ekonomi dalam jangka panjang, yang ditandai dengan perkembangan teknologi.

Baca Juga :  Mengenal Saham Blue Chip di Tahun 2021

Selain itu, pandemi telah mempercepat perubahan pola kegiatan masyarakat dari yang semula banyak dilakukan offline, menjadi online.

Baca Juga :  Cara Membeli Saham BCA (2021)

Itulah sebabnya hal ini berdampak terhadap pola investasi investor yang semula lebih aktif di saham-saham old economy seperti saham berkapitalisasi besar (big caps) yang tercermin dari indeks LQ45 dan IDX30 yang terdampak paling besar ketika Covid-19 melanda, sempat beralih ke saham terkait teknologi dan digital.

Baca Juga :  Mengenal Saham Syariah dalam Pasar Modal di Indonesia

Namun, ketika pembatasan kegiatan masyarakat mulai dilonggarkan oleh pemerintah, saham big caps yang terdiri dari beberapa sektor utama penopang ekonomi seperti perbankan, konsumsi, energi, dan lainnya kembali mencatatkan kenaikan.

Baca Juga :  Perbedaan Dividen dan Capital Gain 2021

Karakteristik saham-saham tersebut mendorong kinerja reksadana saham sehingga dapat mengungguli kinerja IHSG 2021.

Reksadana yang menerapkan strategi cukup fleksibel dengan menggabungkan alokasi di saham old economy maupun new economy serta waktu yang tepat untuk alokasi di dua sektor tersebut dapat mencetak kinerja yang cemerlang. Sumber reksadana.com

Demikianlah artikel dari team Portaljawa yang membahas tentang Pilihan Daftar Reksadana Saham 2021 Patut Anda Coba. Silahkan Anda perhatikan pola dan sistem tersebut di atas.

Baca Juga :  Saham Blue Chip yang Menguntungkan untuk Investasi Jangka Panjang

Dengan mempelajari seksama, maka Anda akan bisa menentukan reksadana saham yang tepat di setiap tahunya.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.