Plankton Penyumbang Oksigen Terbesar Di Bumi, Benarkah ?

Penjelasan Lengkap tentang Plankton – Halo sob kembali lagi dengan Portaljawa. Disini mimin akan memberikan sebuah informasi yang sedang hangat. Yah kalian pasti belum percaya jika Plankton adalah penyumbang oksigen paling besar selain Pohon.

Dalam sebuah halaman di Sains & Teknologi , Dia membenarkan bahwa bukanlah pohon yang menyumbangkan oksigen paling besar. Ternyata anggapan kita selama ini salah ya.

Mungkin kalian harus rajin membaca berita – berita informasi yang benar – benar adanya. Karena kami yakin kalau kalian baru tahu bahwa seekor plankton yang mempunyai tubuh mungil bisa menghasilkan oksigen sebesar itu.

Apa itu Plankton ?

Plankton adalah sebagai penyumbang oksigen (O2) terbesar bagi bumi. Plankton dapat didefinisikan sebagai organisme hanyut yang hidup dalam zona pelagik (bagian atas) samudera, laut dan badan air tawar.

Secara luas plankton dianggap sebagai salah satu organisme terpenting di dunia, karena menjadi sumber makanan untuk kehidupan akuatik di dunia.

Bagi kebanyakan makhluk hidup di laut, plankton merupakan makanan utama mereka. Plankton berasal dari sisa-sisa hewan. Ukuran-nya pun kecil.

Walaupun termasuk sejenis makhluk hidup, namun plankton tidak mempunyai kekuatan untuk melawan arus, air pasang ataupun angin yang akan menghanyutkan-nya.

Baca Juga :  Pengertian Ilmu Pengetahuan Sosial | Definisi dan Tujuan

Plankton hidup di pesisir pantai di mana ia mendapatkan bekal garam mineral dan cahaya matahari yang mencukupi di daerah tersebut. Ini penting untuk memungkinkan-nya dapat terus hidup.

Apa Fungsi dan Berapa Ukuran Plankton ?

1. Fitoplankton – Fitoplankton disebut juga plankton nabati, yaitu plankton yang berasal dari tumbuhan dengan ukurannya yang sangat kecil sekitar 2 – 200 mikro meter sehingga tidak bisa tampak hanya dengan kasat mata, tetapi memerlukan alat bantu seperti mikroskop agar bisa melihatnya. 

Namun apabila fitoplankton berkumpul dalam jumlah banyak di perairan, maka akan terlihat seperti warna hijau. Hal ini dikarenakan sel-sel tubuhnya yang mengandung klorofil mengingat fitoplankton juga merupakan organisme autotrof, yaitu mampu membuat makanannya sendiri. Di samping posisi utamanya sebagai produsen bawah air dalam sebagian rantai makanan di suatu ekosistem, dengan sebutan primer produce.

2. Zooplankton – Zooplankton disebut juga plankton hewani, yaitu plankton yang berasal dari sisa-sisa hewan yang bersifat heteritrofik. Artinya, tidak dapat membuat makanannya sendiri.

Sehingga untuk melangsungkan kehidupannya di perairan, zooplankton bergantung pada ketersediaan bahan organik dari fitoplankton. Ukurannya rata-rata bersikar 0,2 – 2 mm, meskipun ada juga sebagian yang berukuran besar, yaitu ubur-ubur yang dapat memiliki ukuran lebih dari 1 meter.

Baca Juga :  Download Map Sanhok PUBG Mobile Terbaru

3. Bakterioplankton – Bakterioplankton merupakan bakteri yang hidup sebagai plankton, di mana memiliki peran yang sama seperti bakteri pada umumnya ialah sebagai pengurai.

Peranan bakterioplankton juga sangat penting dalam kehidupan biota laut, yang mana berfungsi sebagai pengurai untuk biota laut yang sudah mati sehingga menghasilkan hara seperti fosfat, nitrat, silikat, dan sebagainya. Kemudian akan didaur ulang dan dimanfaatkan lagi oleh fitoplankton dalam proses fotosintesis.

4. Virioplankton – Virioplankton merupakan virus yang hidup sebagai plankton dengan ukuran sekitar 0,2 mikro meter. Karena virioplankton merupakan virus, maka dia akan memerlukan inang untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya dengan cara menempelinya.

Organisme yang biasa menjadi inangnya tak lain adalah fitoplankton atau bakterioplankton. Meski demikian, virioplankton juga memiliki peranan penting tersendiri dalam kehidupan bawah air, yaitu proses daur karbon (carbon cycle) di dalam ekosistem laut.

Karena mengingat pada dasarnya plankton menjadi sumber makanan ikan, tidaklah mengherankan bila ikan banyak terdapat di daerah pesisir pantai.
Itulah sebabnya juga mengapa banyak kegiatan nelayan menangkap ikan aktif dijalankan di kawasan tersebut.

Apa Makanan Plankton ?

Fitoplankton adalah komponen autotrof plankton. Autotrof adalah organisme yang mampu menyediakan/mensintesis makanan sendiri yang berupa bahan organik dari bahan anorganik dengan bantuan energi seperti matahari dan kimia. Komponen autotrof berfungsi sebagai produsen.

Baca Juga :  Kode Bank Di Indonesia Terlengkap 2020

Berarti Plankton makan dengan memproduksi makanan sendiri.

Apa Manfaat Plankton ?

Apa manfaat plankton?Melalui penelitian yang telah dilakukan terungkap manfaat– manfaat di perairan yang terdapat pada planktonPlankton adalah pakan alami bagi biota air karena mengandung banyak karbohidrat dan protein tumbuhan.

Manfaat bagi manusia juga sudah terbukti keadaanya. Meraka menyumbangkan 80% Oksigen yang ada di muka bumi ini.

Plankton selain sisa-sisa hewan, plankton juga tercipta dari tumbuhan laut. Jika dilihat dengan menggunakan mikroskop, unsur tumbuhan alga dapat terlihat pada plankton.

Beberapa makhluk hidup di laut yang juga ikut memakan plankton adalah batu karang, kerang dan termasuk juga ikan paus. Plankton merupakan organisme penyumbang 80% kebutuhan oksigen yang ada di bumi ini.

Dengan cara ber-respisari untuk menghasilkan gelembung-gelembung oksigen yang terdapat di dalam laut. Dimana oksigen tersebut akan terlepas ke udara dan dapat kita hirup sekarang ini.

Kalian pasti sebelumnya tidak percaya, masa sih plankton penyumbang oksigen terbesar dibumi ini. Bukannya Pohon ya , pertanyaan itu pasti akan bermunculan. karena apa kita dahulu sewaktu sekolah tidak di ajarkan. Bahwa Plankton ialah pemberi 80% oksigen di bumi.

Default image
Admin
Saya Suka Menulis dan Membagikan Ilmu yang saya Miliki.

Leave a Reply