4 Posisi Iklan Adsense Yang Banyak di Klik Orang

portaljawa.com – Adsense merupakan program periklanan online milik google yang biasa digunakan para blogger atau pemilik website untuk memperoleh penghasilan. Pemilik blog bisa mendapatkan bayaran dari google dengan cara memasang iklan adsense pada blog mereka, tapi bukan cuma memasang saja karena adsense itu sendiri merupakan program iklan CPC(Cost Per Click).

Artinya setiap ada pengunjung yang mengeklik iklan pada sebuah blog maka google akan secara otomatis memberikan bayaran ke akun adsense. Adsense juga menyediakan program CPM (Cost Per Million) yang artinya kamu akan dibayar setiap seribu tampilan halaman yang dikunjungi.

Tetapi setiap pemilik blog yang memasang iklan adsense memiliki satu musuh yaitu adblock. Ya adblock ini adalah aplikasi atau ekstensi di browser yang berfungsi untuk memblokir iklan yang ada di suatu halaman pada website sehingga iklan tersebut tidak akan muncul.

Hal ini sangat merugikan publisher adsense karena dengan tidak munculnya iklan pada blog mereka akan berdampak pada penghasilan yang didapat.

Menurut saya sih wajar ketika ada orang yang menggunakan adblock, karena banyak sekali pemilik blog yang memasang iklan secara berlebihan, bahkan ada juga yang sampai menutupi sebagian isi artikel. saya sendiri sering menemukan yang seperti ini dan jujur saya sangat terganggu dan langsung close halaman tersebut.

Menurut saya ya memasang iklan yang wajar-wajar saja lah, ga perlu banyak-banyak. Utamakan kepuasan pembaca daripada keuntungan dari adsense, anggap saja uang yang didapat dari adsense itu sebagai bonus dan jangan dijadikan priorita.

Karena tugas utama seorang blogger itu memberikan informasi kepada para pembaca, kalo terlalu berlebihan sehingga menggangu pembaca maka mereka juga akan kabur.

Letak Iklan Yang Paling Banyak Mendapatkan Klik

Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan beberapa posisi/letak iklan adsense yang mendapatkan banyak klik dari pembaca. Ga perlu pasang iklan banyak-banyak karena jika ditempatkan secara efektif dan tepat pastinya ada beberapa pembaca yang akan ngeklik iklan.

Oh iya jangan terlalu berharap mendapatkan klik banyak jika blog kamu masih sepi pengunjung, lebih baik tingkatkan dulu visitor di blog kamu sebelum mengoptimalkan adsense karena artikel yang saya buat ini lebih efektif untuk blog yang memiliki visitor lumayan banyak.

#1. Iklan Tengah Artikel

Menempatkan iklan ditengah artikel memang sangatlah efektif. Saat ini banyak blog yang memasang iklan diposisi tersebut bahkan bisa lebih dari satu iklan. Kelebihan memasang iklan tengah artikel adalah karena terlihat lebih menyatu dengan konten. Tapi tidak sembarang iklan bisa dipasang ditengah, iklan ditengah bisa saja mengganggu pembaca dan bisa juga menguntungkan pembaca.

Iklan ditengah artikel akan menggangu pembaca jika jenis iklannya adalah banner apalagi yang ukuran persegi atau persegi panjang yang vertikal. Kenapa bisa mengganggu? Karena si pembaca itu tujuan utamanya adalah mencari informasi dengan membaca. Jika kamu meletakan iklan banner ditengah-tengah maka pembaca ini akan merasa terganggu dan langsung scroll ke bawah tanpa tertarik untuk ngeklik iklan tersebut.

Nah disini saya sarankan untuk menggunakan iklan tautan (link ads). Alasannya karena supaya lebih menyatu dengan konten karena iklan jenis ini adalah iklan yang berupa link yang berisi kata kunci. Pembaca tidak akan terganggu dengan iklan seperti ini bahkan sangat bermanfaat juga bagi pembaca karena ketika dia sedang fokus membaca ternyata ada referensi link lain di artikel tersebut.

Iklan seperti ini umumnya sangat sering sekali diklik oleh pembaca, ya walaupun nilai CPCnya sangat kecil tapi kalo yang ngeklik banyak kan lumayan juga. Untuk membuat iklan tautan dan memasangnya ditengah artikel, kamu bisa baca : Cara Memasang Iklan Ditengah Artikel

#2. Iklan Samping Blog (Sidebar)

Iklan yang ditempatkan pada sidebar blog memang sudah menjadi hal biasa, setiap saya mengunjungi sebuah blog yang menggunakan adsense, pasti sudah terpasang iklan yang ada pada sidebar. Jika dianalisa, tempat ini memang sangat strategis dan tentunya tidak mengganggu pembaca. Tapi tidak sembarang masang juga, karena bisa-bisa iklan yang kamu pasang cuma sebagai khiasan saja dan ga menarik pembaca.

Saran saya adalah gunakan iklan banner berukuran 300×600 karena ruang di sidebar ketika discroll kebawah akan jadi sangat besar. Jika kamu menggunakan banner kotak maka ya siap-siap saja iklan yang sudah kamu pasang akan diacuhkan oleh pembaca.

Oh iya satu lagi, usahakan sidebar pada blog kamu disetting sticky yang artinya ketika discroll kebawah maka iklan juga akan ngikut kebawah. Hal ini tentunya akan menarik pembaca dan iklan kamu akan semakin jelas terlihat. Untuk membuat sidebar sticky, kamu bisa baca : Cara Membuat Sticky Sidebar di Blog

#3. Iklan Bawah Artikel

Menempatkan iklan dibawah artikel memang sudah saya lakukan sejak lama, alasannya karena tempat tersebut sangat cocok untuk dipasangi iklan. Mengapa bisa begitu? Karena dikala pengunjung sudah selesai membaca artikel, diakhir paragraf mereka melihat ada iklan yang sangat menarik. Apalagi jika artikelnya berisi tentang toko online dan kebetulan iklan yang muncul mengenai promo belanja, wah sangat mengundang sekali untuk diklik.

Iklan yang sangat cocok dipasang disini adalah jenis iklan in article, banner horizontal ataupun iklan tautan. Terserah kamu ingin menggunakan yang mana karena semua tergantung selera masing-masing. Tapi jangan dipasang semuanya, karena selain bikin berat blog, pengunjung juga pastinya jadi ga tertarik melihat iklan yang terlalu banyak. Untuk memasang iklan dibawah artikel, kamu bisa baca : Cara Memasang Iklan Dibawah Artikel

#4. Iklan Atas Artikel/Bawah Judul

Yang terakhir adalah menempatkan iklan diatas artikel. Tempat ini memang sangat bagus untuk dipasangi iklan. Selain posisinya yang strategis, pengunjung juga pastinya ga merasa terganggu dengan adanya iklan ditempat tersebut. Tipe iklan yang bisa dipasang dibawah judul ini ada 2, yaitu iklan banner horizontal dan juga iklan persegi disamping paragraf pertama. Untuk memasang iklan dibawah judul, kamu bisa baca : Cara Membuat Iklan Dibawah Judul/Atas Artikel

Tapi blog ini kok ga dipasangi iklan diatas artikel?

Alasan saya tidak memasang iklan ditempat tersebut karena saya ga mau masang iklan banyak-banyak serta lebih mengutamakan kenyamanan pembaca dan juga kecepatan blog.

Loh katanya kalo dipasang disini ga ngenganggu pengunjung?

Semakin banyak iklan yang dipasang maka semakin banyak juga script adsense yang dipasang. Hal ini bisa menyebabkan kecepatan blog menjadi agak lambat sehingga berdampak pada ketidaknyamanan pengunjung karena lama menunggu loading blog. Maka dari itu saya hanya menempatkan 3 iklan saja di blog ini.

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah memasang iklan pada blog bukan hanya sekedar memasang saja. Perlu analisa dan coba-coba dulu agar posisi iklan bisa efektif dan juga menguntungkan. Janganlah berlebihan memasang iklan karena hal itu dapat membuat pengunjung tidak nyaman dan merugikan diri kamu sendiri.

Oke terima kasi sudah membaca artikel ini yang berjudul Posisi/Letak Iklan Adsense Yang Paling Banyak Mendapatkan Klik. Saya harap postingan ini dapat bermanfaat bagi pembacanya. Jika ada teman atau kerabat yang sekiranya membutuhkan artikel ini, mohon untuk dibagikan sebagai referensi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Kuota habis !!