10 Prediksi Tren Teknologi 2020

portaljawa.com – Memasuki di tahun 2020 ini tentu saja mendatangkan teknologi baru serta teknologi yang di harapkan akan muncul di tahun ini. Apa saja teknologinya ? pastinya teknologi ini digunakan untuk mempermudah serta meningkatkan peforma pekerjaan yang di lakukan oleh manusia.

Tren Teknologi 2020, Banyak sekali yang akan di bahas kalau berbicara mengenai teknologi. Di karenakan teknologi merupakan suatu hal sering berkembang secara terbaru sehingga pastinya ada ide-ide yang membuat teknologi terus maju.

10 Prediksi Tren Teknologi 2020

Nah untuk itu berikut ini ada beberapa ide tren teknologi 2020 yang di harapkan akan muncul di tahun ini :

Internet super cepat

Berbicara internet super cepat secara global internet sudah berkembang sangat pesat. Mendengar kabar akan adanya teknologi jaringan 5G tentu menjadi kabar baik tersendiri. Di indonesia sendiri, Teknologi jaringan internet sudah mencangkupi jaringan 4G. Walau ada beberapa daerah yang masih belum mendapatkan jangkauan jaringan 4G.

Hal ini di karenakan di indonesia masih dalam tahap perkembangan dan membangun jaringan 4G di indonesia secara merata. Nah sekarang dengar kabar akan muncul 5G kenapa perlu jaringan cepat lagi. Tentunya dengan jaringan yang lebih cepat lagi di harapkan dapat menambah peforma yang di berikan.

Misalkan saja saat mengakses data yang memerlukan internet yang sangat kencang, bermain game, menonton video kualitas terbaik, mendownload data. Serta hal lainya yang membutuhkan jaringan super cepat ini.

Teknologi in-Memory-Computing

Dalam arsitektur Processing-in-Memory (PIM), berbeda dengan arsitektur Von Neumann, memori dan prosesor menyatu bersama dan komputasi dilakukan di mana data disimpan dengan gerakan data minimal. Dengan demikian, paralelisme komputasi dan efisiensi daya dapat ditingkatkan secara signifikan.

Kecerdasan buatan

tren teknologi 2020

Kecerdasan buatan atau AI sebenarnya sudah bisa dibilang teknologi yang sudah ada dan dalam tahap berkembang. Banyak perangkat kecerdasan buatan yang dibuat misalkan saja robot automatic yang dapat mengerjakan tugas manusia secara otomatis.

Robot yang dapat berfikir dan memiliki tingkah laku yang hampir mirip seperti manusia. Nah untuk kedepanya di harapkan teknologi ini semakin maju dan dapat berkembang menjadi lebih baik agar dapat membantu manusia dan bisa menjadi teman yang baik untuk manusia juga.

Salah satu Tren Teknologi 2020 yang bakal maju dan Di gunakan untuk memudahkan kinerja manuasi. Salah satunya ya Kecerdasan buatan atau yang sering di kenal sebagai artificial intelligence.

komputer automatic

komputer itu bukan lah teknologi baru tetapi komputer merupakan sebuah teknologi yang terus berkembang. Hal ini tentunya membuat komputer semakin bertambahnya tahun komputer menjadi berkembang.

Nah komputer automatic disini merupakan komputer yang dapat menjalankan tugas dan perintah yang di berikan oleh manusia. Seperti saat anda ingin mengetik tulisan maka komputer dapat membantu mengetik tulisan anda.

Misalkan saja membaca pikiran anda lalu memunculkan teks tulisan di layar monitor. Saat anda ingin membuka browser atau aplikasi software komputer bisa otomatis membukanya hanya dengan melihat gerakan mata. Serta juga dengan pikiran manusia dan pekerjaan lainya yang bisa di kerjakan oleh komputer secara otomatis. Selain itu teknologi komputer serta peningkatan komputer juga di harapkan muncul di tahun ini.

Cloud untuk Penyimpanan Data

Cloud memiliki hubungan yang erat dengan hampir semua teknologi TI, termasuk chip baru, database baru, jaringan adaptif self-driving, big data, AI, IoT, blockchain, komputasi kuantum dan lainnya.

Sementara, cloud terus berinovasi dengan teknologi baru, seperti komputasi tanpa server, arsitektur perangkat lunak cloud, desain perangkat lunak terintegrasi, serta operasi otomatis cerdas. Cloud computing mendefinisikan ulang setiap aspek TI, membuat teknologi TI baru lebih mudah diakses oleh publik. Cloud telah menjadi tulang punggung seluruh ekonomi digital.

Kendaraan otomatis

Salah satu teknologi yang diharapkan berkembang ini salah satunya adalah kendaraan. Kendaraan sebagai alat transportasi digunakan untuk pergi ke suatu tempat pastinya sangat membantu manusia terutama untuk berpergian ke tempat yang jauh.

Pastinya untuk pergi ke tempat yang jauh membutuhkan waktu yang cukup lama dan anda pastinya bosan ataupun capek untuk menggunakan kendaraan tersebut. Untuk hal ini diharapkan munculnya teknologi baru yang dapat membuat kendaraan bergerak serta memilih jalur secara otomatis.

Sekarang ini ada kendaraanya yaitu mobil testal yang sekarang ini lagi populer yang memiliki fitur auto pilot yang berfungsi untuk mengerakan motor secara otomatis, nah di harapkan dengan kemajuan teknologi mombil seperti tesla ini dapat berkembang lagi seperti dapat memiliki fitur mencari jalur sendiri yang tentunya aman, dapat meneliti jalur jalan yang di pakai dan sekitar jalan yang di lewatinya agar tetap aman.

Alibaba DAMO Academy, riset global yang diprakarsai oleh Alibaba Group, merilis laporan mengenai tren teknologi terbaru yang berpotensi besar di tahun 2020.

Teknologi in-Memory-Computing

Dalam arsitektur Von Neumann, memori dan prosesor terpisah dan komputasinya membutuhkan data untuk terus bergerak. Dengan perkembangan pesat dari algoritma AI berbasis data selama beberapa tahun terakhir ini, akhirnya telah sampai pada titik di mana perangkat keras menjadi hambatan dalam eksplorasi algoritma yang lebih maju.

Dalam arsitektur Processing-in-Memory (PIM), berbeda dengan arsitektur Von Neumann, memori dan prosesor menyatu bersama dan komputasi dilakukan di mana data disimpan dengan gerakan data minimal. Dengan demikian, paralelisme komputasi dan efisiensi daya dapat ditingkatkan secara signifikan. Kami percaya inovasi pada arsitektur PIM adalah tiket ke generasi AI berikutnya.

Internet of Things

Di tahun 2020, teknologi 5G, perkembangan pesat perangkat IoT, komputasi awan, dan edge computing akan mempercepat perpaduan antara sistem informasi, sistem komunikasi, dan sistem kontrol sector industri. Melalui Industrial IoT yang canggih, perusahaan manufaktur dapat merasakan teknologi otomatisasi mesin, logistik di pabrik, dan penjadwalan produksi, sebagai cara untuk merealisasikan model bisnis C2B manufaktur pintar (consumer to business smart manufacturing).

Perkembangan teknologi kesehatan

Tentunya kesehatan itu menjadi hal yang sangat penting, banyak teknologi yang muncul yang membantu dalam bidang kesehatan. Apa hal yang di harapkan untuk teknologi ini ? tentunya teknologi yang bisa mendeteksi sebuah penyakit yang ada di dalam seseorang dan cara terbaik untuk mengobatinya , teknologi yang bisa membantu dalam penyembuhan dan teknologi yang dapat membantu aktifitas yang ada di rumah sakit juga.

Aplikasi blockchain pada tingkat produksi

BaaS (Blockchain-as-a-Service) selanjutnya akan mengurangi hambatan masuk untuk aplikasi blockchain perusahaan. Berbagai chip perangkat keras yang tertanam dengan algoritma inti digunakan pada edge, cloud dan dirancang khusus untuk blockchain yang juga akan muncul, yang memungkinkan aset di dunia fisik untuk ditempatkan ke aset di blockchain, dan semakin memperluas batas-batas Internet of Value dan mewujudkan ” interkoneksi multi -rantai “.

Di masa depan, sejumlah besar skenario aplikasi blockchain inovatif dengan kolaborasi multi dimensi di berbagai industri dan ekosistem akan muncul, dan aplikasi blockchain tingkat produksi skala besar dengan lebih dari 10 juta DAI (Item Aktif Harian) akan diadopsi massal

Tren Teknologi 2020 di dunia kesehatan membuat masyarat lebih mudah mencari informasi. Seperti halnya website Alodokter , Aplikasi juga ada seperti Halodoc itu merupakan teknologi yang semakin kesini – semakin mengalami kemajuan.

Nah itulah beberapa ulasan dan harapan mengenai Tren teknologi 2020 ini , semoga teknologi ini dapat segera di munculkan agar dapat bermanfaat untuk banyak orang serta ramah lingkungan juga.  Lihat juga Aguro.net | Situs yang membahas seputar dunia teknologi komputer. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan komentar