Review ASUS TUF Gaming A15 FX506

Sebagai salah satu Penguasa Pasar Laptop Di Nusantara, ASUS kembali mengeluarkan Produk Terbaru. Nah pada beberapa waktu lalu ASUS kembali merilis Laptop Gaming bernama ASUS TUF Gaming A15. Salah satu Laptop andalan atau pilihan terbaik untuk para pemain game. Memiliki spesifikasi dewa serta harga yang berkompetitif. Membuat Laptop ini sangat ditunggu – tunggu kehadirannya.

Dalam kurun waktu 5 tahun terakhir Produsen ASUS telah mengeluarkan beberapa Produk unggulan, Yang dipercaya bisa berkompetisi melawan produk dari pabrikan lain. Sebelumnya ASUS telah mengeluarkan Laptop Gaming ASUS ROG. Serta menjadi salah satu Laptop terlaris pada masa itu, Menjadi pilihan terbaik para Gamers dan Youtuber.

Nah pada kesempatan kali ini kami akan mereview lebih mendalam Laptop ASUS TUF Gaming A15 ini. Untuk itu kalian jangan sampai pindah tempat karena kami akan menyajikan informasi yang sangat berguna untuk kamu miliki.

Laptop Asus seri TUF gaming adalah salah satu Laptop gaming yang masuk dalam jajaran Produk unggulan Asus meskipun masih menempati posisi kedua di bawah ROG.

Meskipun begitu Laptop ini memiliki performa yang sangat tinggi untuk, kamu seorang gamers tenang aja Laptop ini sangat perkasa.

Dengan Kamu menggunakan laptop ini kamu bisa memainkan semua game kesayangan. Tanpa perlu khawatir akan ngehang saat digunakan untuk menjalankan game berat sekalipun.

Laptop ini bisa dikatakan menjadi Primadona, karena dengan harga yang terjangkau kamu bisa mendapatkan laptop gaming yang powerful tangguh dan berkualitas.

AMD Ryzen 4000 Series Mobile Prosessor

amd ryzen mobile series prosessor

AMD Ryzen™ 4000 Series Mobile hadir dalam 3 seri, yaitu Seri U, Seri H dan Seri PRO. Seri-U merupakan seri yang umumnya digunakan pada laptop ultrathin atau laptop mainstream, sedangkan seri-H merupakan seri yang digunakan untuk memberikan performa maksimal gaming serta content creator, dan terakhir seri-PRO untuk para profesional dengan teknologi terbaru serta fitur keamanan modern.

amd ryzen 4000 series mobile prosessor

Laptop ini sudah memiliki prosesor 7 nanometer terbaru AMD Ryzen 4000 Series mobile processor. Untuk fitur lengkapnya TUF gaming A15 FX506 prosesor AMD ryzen 9 yang memiliki 8 ekor dan 16 Prime. Oleh karena itu tunggu apa lagi, belilah laptop Ini dengan harga yang sangat terjangkau untuk saat ini.

ASUS TUF Gaming FX506 ini menjadi salah satu jajaran laptop gaming yang memiliki prosesor dengan tenaga hingga 8 Cores 16 Threads! Variant tertinggi dilengkapi AMD Ryzen™ 7 4800H, prosesor dengan clock speed hingga 4.2GHz ini memang dirancang khusus untuk laptop gaming. Pasalnya, berkat teknologi 7nm yang disematkan, prosesor ini tidak hanya memiliki performa yang tinggi, namun konsumsi dayanya juga rendah dengan TDP 45W. Prosesor kuat ini juga mampu dipasangkan dengan memori RAM berkecepatan DDR4-3200MHz, menjadikan laptop dengan prosesor ini akan mampu menjalankan komputasi dengan sangat baik serta lancar.

Contoh keunggulan AMD Ryzen vs Intel

amd ryzen vs intel

Prosesor AMD Ryzen™ 4000 Series Mobile Processor hadir dengan dukungan Radeon™ Graphics yang memiliki performa setara kartu grafis diskrit. Pernyataan tersebut terbukti dari pengujian yang dilakukan dengan menggunakan Software benchmark 3DMark Time Spy. Hasilnya, Radeon™ Graphics yang disematkan padaAMD Ryzen™ 5 4500U dan Ryzen™ 5 4600U memperoleh skor hingga 128 lebih tinggi daripada kartu grafis diskrit mobile milik kompetitor sekalipun.

Dengan menggunakan prosesor AMD Ryzen™ 7 4800H, pengguna bisa meraih performa jauh diatas kompetitor pada kelas yang sama pada berbagai bidang. Berbagai pengujian yang dilakukan pada aplikasi benchmark seperti Cinebench dan 3DMark serta berbagai program rendering yang pasti sudah tak asing bagi content creator seperti Adobe Premiere dan Blender, mampu membuktikan bahwa performa yang dihasilkan oleh AMD Ryzen™ 7 4800H jauh diatas prosesor mobile pada kelasnya. Alhasil. melakukan kegiatan seorang content creator seperti rendering video menjadi lebih menyenangkan karena lebih lancar dan lebih cepat.

mobile prosessor

Bagaimana masih belum tertarik review dari kami 🙂

Laptop gaming ini sudah memiliki teknologi terkini serta dapat kamu gunakan untuk aktivitas sehari-hari, misalkan untuk kantoran, untuk belajar, dan untuk kegiatan lainnya.

Cocok untuk kamu miliki, selain memiliki performa yang sangat tinggi laptop ini juga dari produsen Asus.

Laptop ini dibekali layar IPS level dengan refresh rata-rata 144 Hz yang mendukung adaptive Sync untuk mereduksi Lag. Nah gimana ini sangat membantu kalian para Gamer yang salah dengan laptop kalian sebelumnya yang suka lag saat digunakan untuk bermain game.

Untuk kamu yang sering lag saat bermain game kami rekomendasikan untuk kamu miliki Laptop Gaming Asus TUF A15.

Desain Elegan

asus tuf gaming a15

Bodi laptop Asus TUF Gaming A15 Fx506 ini sudah menggunakan material alumunium di seluruh bagiannya. Membuatnya lebih kokoh dan kuat. Ditambah lagi sertifikat militer MIL-STD-810H, yang didapat setelah melalui serangkaian tes seperti drop test, altitude test, vibration test, high and low temperature test. Dengan kata lain laptop ini siap “disiksa” dalam pemakaiannya. Tapi jangan karena marah-marah abis diputusin terus kamu banting-banting laptop ini ya, nanti malah nyesel sendiri.

Sebagai sebuah laptop yang dibuat untuk menemani aktivitas harian, ASUS TUF gaming A15 Fx506 dibuat dengan dimensi 35.9 x 25.6 x 2.47 ~2.49 cm (WxDxH). Bukan yang paling tipis, tapi saya rasa sudah cukup ergonomis ketika dimasukan ke dalam tas. Dengan berat 1,3 kg tanpa charger dan 1,45 kg dengan charger rasanya tak akan membuatmu keberatan membawanya ke manapun.

Laptop ini memiliki kerangka yang lebih kecil dan portable dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Selain itu Laptop ini juga dibekali dengan baterai yang sangat awet karena memiliki kapasitas hingga 48Wh. Kamu bisa memainkan game sepuasnya tanpa perlu khawatir jika baterainya cepat habis.

Display Teknologi Baru

Meski bodinya sangat ringkas, Asus TUF Gaming A15 FX506 tetap mengusung layar lebar berukuran 15.6 inci.

Berikut ini merupakan spesifikasi lengkap Display laptop ASUS Gaming TUF A15 FX506 : 15.6″ (16:9) LED-backlit FHD (1920×1080) Anti-Glare IPS-level 144Hz Panel with 45% NTSC
With Adaptive Sync.

Untuk grafisnya laptop ini memiliki GeForce GTX 1660Ti hingga rtx2060 yang bertenaga. Jadi laptopnya selain buat memainkan game-game kesukaan kamu, Laptop ini juga bisa digunakan untuk desain grafis.

Port dan Konetivitas Paling Lengkap

port konetivitas asus tuf gaming a15

Laptop ini dilengkapi dengan Port USB berbagai ukuran, Lihat gambar dibawah ini laptop ini setidaknya memiliki 2 buat port USB dan untuk konektifitas lainnya juga tersedia seperti HDMI, Headset, dan beberapa konektifitas pendukung.

  • Kensington lock
  • USB 2.0 Type A
  • Power
  • RJ45
  • HDMI 2.0 B
  • USB 3.2 Gen 1 Type A
  • USB 3.2 Gen 1 Type A
  • USB Gen 3 Type C DP 1.4
  • 3.5 mm Audio Jack

Kamu tidak perlu kuatir jika ingin menyambungkanya dengan berbagai konektifitas, Karena Laptop ini sudah paling oke dan lengkap fitur – fiturnya.

Keyboard Desain Kekinian

Pada Keyboard sendiri ASUS TUF gaming A15 mendesain ulang dan mengubahnya menjadi sangat elegan. Pada seri sebelumnya mungkin kurang menarik, Namun pada seri ini sudah dilakukan pengoptimalan. Contohnya pada tombol tombol function key juga digeser ke atas sama halnya seperti keyboard desktop.

FX506 02

Serta perbaikan penempatan numeric pada keyboard sudah dimaksimalkan oleh karena itu kamu akan lebih nyaman saat menggunakanya untuk bermain game.

Performa Terbaik di Kelasnya

asus

Untuk Hardwarenya sendiri laptop ini menggunakan AMD dan NVIDIA, Yang dipercaya bisa lebih Efisien untuk penggunaan seperti web browsing dan memutar video.

Capture

Performa akan semakin kencang ditambah dengan NVIDIA GeFOrce RTX 20-series GPU. Stabil dan tenang saat digunakan adalah keistimewaan yang jarang ditemuai di laptop lainnya,dibuat main game berat sekalipun laptop ini akan tetap stabil tanpa lag sekalipun.

Ruang Penyimpanan Besar dan Bisa di Upgrade

upgrade ram

Game dan aplikasi yang berat memuat lebih cepat pada SSD NVM Express® (NVMe®) yang gesit. Dengan penyimpanan hingga 1TB, drive PCIe® yang responsif ini menawarkan banyak ruang untuk file game besar, proyek multimedia, dan media. Waktu muat yang lebih cepat di perpustakaan program Anda berarti lebih sedikit waktu yang dihabiskan untuk menunggu dan lebih banyak waktu berkualitas untuk bekerja dan bermain. Slot M.2 SSD tambahan memungkinkan Anda meningkatkan penyimpanan dengan mudah untuk membawa lebih banyak game dan aplikasi ke mana pun Anda pergi.

Kalian bisa menambahkan Ruang penyimpanan dengan mudah, kalian tingga buka beberapa POP- Open Screw atau baut dibawah latop tersebut.Kemudian silahkan Upgrade ruang penyimpanan Laptop kamu sesuai keinginan.

Sistem Pendingin Terbaik

sistem pendingin asus tuf a15

laptop ini dibekali oleh 2 kipas pendingin yang bekerja untuk mengurangi suhu laptop ketika digunakan untuk kinerja yang berat. laptop tangguh ini akan tetap terasa enteng ketika dugunakan dalam kondisi panas sekalipun karena sudah ada didalamnya sistem pendingin yang sangat powerfull.

Pendinginan yang komprehensif memastikan bahwa setiap laptop TUF Gaming dapat mempertahankan kinerja tinggi dan mempertahankan efektivitas selama rentang hidup yang panjang. Beberapa heatpipe dan 3 heatsink menarik panas dari komponen inti dan membuangnya dengan cepat bahkan selama sesi permainan yang intens.

Desain pendinginan yang membersihkan sendiri memastikan bahwa sistem pendingin setiap perangkat tetap kuat untuk jangka panjang, sementara mode pengoperasian menyeimbangkan kinerja dan tingkat kebisingan untuk tugas tertentu yang sedang dihadapi.

Kontrol Sistem sangat Mudah

asus tuf gaming a15 fx506

Kalian bisa melihat pengaturan yang sedang diterapkan pada laptop kamu sendiri. Kamu memegang kendali penuh, dikontrol sistem tersebut kamu bisa mengubah settingan sesuka hati kamu, senyaman mungkin. Dari pengaturan Display, kinerja Gaming dan masih banyak lagi.

performa asus tuf gaming A15

Kelebihan Laptop ASUS TUF Gaming A15

Menawarkan kinerja yang sangat mumpuni dikelasnya, dengan kombinasi Chip grafis NVIDIA GeForce GTX 1650 yang memberikan pengalaman grafis terbaik.

Memiliki Prosessor terbaru dengan seri AMD Ryzen 4000 Mobile series ini dipercaya bisa merampungkan tugas pekerjaan sehari – hari dan dibuat main game berat pun bisa dan kencang !!!

Untuk kelebihan lainnya bisa melihat daftar dibawah ini :

  • Ditenagai prosesor AMD Ryzen generasi terbaru.
  • Sistem pendingin yang memastikan performa tinggi dapat terjaga.
  • Kualitas suara mendalam berkat DTS:X Ultra dengan fidelitas tinggi.
  • Chip grafis NVIDIA GeForce GTX 1650 yang mampu memberikan performa gaming optimal.
  • Lolos uji standar militer.
  • Layar 15 inci FHD dengan refresh rate 144 Hz.
  • Kapasitas baterai lebih besar yakni 90 Wh.

Spesifikasi ASUS TUF Gaming A15

PlatformNotebook
Tipe ProsesorAMD Hexa Core
Processor OnboardAMD Ryzen 5 4600H Processor 3.0 GHz (8M Cache, up to 4.0 GHz)
Kapasitas Penyimpanan512 GB SSD
Memori Standar8GB DDR4
Tipe GrafisNVIDIA GeForce GTX 1650 Ti with ROG Boost 4GB GDDR6
Ukuran Layar15.6 Inch
Resolusi Layar1920 x 1080
Tipe LayarIPS
Layar SentuhTidak
NetworkingIntegrated
Wireless Network TypeIntegrated
Wireless BluetoothIntegrated
Antarmuka / Interface1x Type A USB 2.01x Type C USB 3.2 Gen 22x Type A USB 3.2 Gen 11x 3.5mm combo audio jack1x HDMI 2.0b1x TypeC (DP 1.4a)
KeyboardBacklit keyboard
Ragam Input DeviceTouchpad
AudioIntegrated
SpeakerIntegrated
Kamera720P HD
Sistem OperasiMicrosoft Windows 10 Home
Baterai3 Cell
Daya Tahan Baterai48WHrs
Daya / Power150W AC Adapter
Dimensi (PTL)35.9 x 25.6 x 2.47 ~ 2.49 cm
Berat Produk2.30 Kg
Lain-lainBrightness: 250 nitsRefresh Rate: 144Hz

Harga Laptop ASUS TUF Gaming A15

ASUS TUF Gaming A15 FX506 telah tersedia di lima e-commerce terkemuka yaitu Tokopedia, Shopee, JD.ID, Bhinneka, dan BliBli, dan dibanderol dengan harga mulai dari Rp14.299.000.

  1. Rp 14.299.000
    (AMD Ryzen™ 5 4600H/GTX1650Ti_V4G/8G/512GB PCIe SSD/Windows 10 Home/Fortress Gray)
  2. Rp 15.799.000
    (AMD Ryzen™ 7 4800H/GTX1650Ti_V4G/8G/512GB PCIe SSD/Windows 10 Home/Fortress Gray)
  3. Rp 18.299.000
    (AMD Ryzen™ 7 4800H/GTX1660Ti_V6G/8G/1TB HDD+256GB PCIe SSD/Windows 10 Home/Fortress Gray)
  4. Rp 20.299.000
    (AMD Ryzen™ 7 4800H/RTX2060_V6G/8G/512GB PCIe SSD/Windows 10 Home/Fortress Gray)

Berikut ini merupakan review dari Youtube Indonesia yang sering mengulas Seputar Laptop dan Gadget yaitu Gadgetin. Silahkan kamu tonton video berikut jika ingin Mengenal lebih jauh tentang Laptop Asus TUF Gaming A15 FX506.

Kesimpulan

ASUS TUF Gaming FX506 hadir dalam 4 varian, sudah ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen™ 4000 H-Series yang memiliki 8 Cores 16 Threads, prosesor ini juga memiliki konsumsi daya hanya sekitar 45W saja berkat fabrikasi 7nm-nya. Dengan tambahan kartu grafis dedicated yang disematkan, laptop gaming satu ini tentu memiliki performa yang tinggi. Tidak lupa dengan dukungan RAM DDR4 sebesar 8GB yang dapat di-upgrade guna memperlancar multitasking, serta media penyimpanan yang sudah menggunakan SSD dapat mempercepat loading saat bermain game serta pembacaan data pada saat berkomputasi.

Memiliki daya tahan body yang kuat berkat kekuatan military-grade yang ada, menjadikan laptop gaming ini sangat mampu untuk dibawa berpergian kapanpun dan kemanapun. Dalam memanjakan mata penggunanya, ASUS TUF FX506 sudah dilengkapi dengan layar IPS selebar 15.6” Full HD yang memiliki refresh rate sebesar 144Hz serta 3ms response time menjadikan sangat siap untuk gaming maupun berkonten kreasi. Dukungan keyboard backlit juga menjadikan nilai tambah bagi laptop ini guna mengetik di ruangan yang kurang pencahayaan sekalipun

WORLD’S FIRST MILITARY GRADE LAPTOP WITH 7NM AMD RYZEN PROCESSORS

Akhir kata Review Laptop ASUS TUF Gaming A15 ini kami persembahkan untuk kamu para pecinta Laptop Gaming. Produsen ASUS sangat bangga dan ingin membuat Laptop ini menjadi Laptop No 1 , Meskipun seri sebelumnya ASUS ROG masih menempati puncak klasemen. Semoga kamu menikmati artikel yang kami sampaikan ini, Terimakasih sudah berkunjung 🙂

Default image
Admin
Saya Suka Menulis dan Membagikan Ilmu yang saya Miliki.

9 Comments

  1. Pelajar Design
    Pelajar Design

    Kira” lebih bagus ASUS TUF Gaming A15 FX506 atau ASUS ROG?

  2. Tumeskecil.com
    Tumeskecil.com

    Jadi mupeng ngeliat spek si A15 FX506 ini. Apalagi liat performa Ryzen seri 4000 beuh pasti game dilibas abis. Dengan harga 15jutaan dah ngerusak pasar itu wkwk. Tuf ini emg xiaominya laptop. Btw saya user FX505, pendahulu FX506 hehe

    • Wah mantaps mas, mau cobain yang versi terbaru nya kah, tentunya dengan performa yang lebih bagus juga

  3. Mantap banget… Semoga bisa kebeli laptop Asus tuf gaming ini

  4. Mantap banget spesifikasi laptop ini… Semoga bisa kebeli laptop Asus tuf gaming ini

  5. Nice info gan, jadi pengin beli. Selain bisa untuk gaming laptop ini juga bisa untuk desain.

    • Bener sekali gan, cocok banget buat agan yang suka nge game dan desain karena sudah dilengkapi dengan prosessor AMD Ryzen 4000 series, yang membuat pengalaman bermain game makin jos

Leave a Reply