5 Solusi Menghindari Berita Hoax Di Sosmed

5 Solusi Menghindari Berita Hoax Di Sosmed

Dendisam Media – Membaca adalah jendela ilmu pengetahuan, dengan membaca kita bisa mendapatkan banyak sekali informasi. Saat ini untuk mencari ilmu sangatlah mudah, dengan bantuan internet kita bisa mendapatkan info apa saja yang kita mau. Tetapi dengan mudahnya akses internet, banyak juga orang-orang yang menuliskan berita atau informasi palsu untuk menghasut orang lain dan juga untuk kepentingan sendiri.

Dan saat ini sedang marak sekali berita-berita hoax yang bermunculan, para oknum yang tidak bertanggung jawab menggunakan media sosial untuk menyebarkan berita bohong yang mereka buat. Berita palsu sebenarnya sangat mudah ditebak, karena umumnya berita semacam ini akan memanfaatkan perasaan orang lain agar merasa empati, iba, sedih ataupun marah ketika membacanya.
Lalu bagaimana cara membedakan berita asli dan berita hoax? Simak beberapa tips menghindari berita palsu dibawah ini.

1. Hati-hati Dengan Judul Provokatif

Berita hoax biasanya menggunakan judul yang provokatif dan langsung memojokan pihak tertentu. Judul berita palsu memang sering kali mengundang rasa penasaran, tetapi untuk mencegahnya silahkan bandingkan isi artikel berita tersebut dengan berita pada situs terpercaya yang topiknya sama. Jika isi beritanya jauh berbeda maka sudah bisa dipastikan bahwa berita tersebut bohong.

2. Periksa Alamat Situs

Alamat situs berita hoax biasanya menggunakan domain gratisan seperti blogspot.com, .ml, .cf, .ga ataupun yang lainnya, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa alamat situs yang menggunakan domain .com juga bisa berpotensi menyebarkan berita hoax. Untuk itu periksalah berita-berita lain pada situs tersebut lalu bandingkan dengan situs terpercaya.

3. Periksa Sumber Berita

Berita asli biasanya menyertakan sumber berita sebagai bukti bahwa berita tersebut benar adanya, contohnya “seperti dilansir bolanet” atau “sumber referensi : bolanet”. Tetapi walaupun begitu ada saja orang yang jail menuliskan sumber berita padahal berita tersebut hoax, untuk itu coba kunjungi sumber alamat yang dicantumkan dan cari berita yang serupa lalu bandingkan isinya.

4. Cermati Isi Berita

Isi dari berita palsu biasanya secara tidak langsung akan membujuk dan mempengaruhi pikiran pembaca, maka hati-hati dengan berita seperti ini. Berita asli adalah berita yang memberikan informasi yang bermanfaat bagi pembaca, sedangkan berita hoax cenderung menghasut pembaca agar terprovokasi dengan isi berita, jadi hati-hati dalam memilih berita.

5. Cek Keaslian Foto

Foto-foto pada berita hoax biasanya diedit sedemikian rupa agar menarik perhatian pembaca, atau bisa juga gambar yang digunakan tidak sesuai dengan fakta yang ada pada berita tersebut. Untuk mengecek keaslian gambar tersebut kamu bisa download gambarnya, lalu buka google image dan seret gambar yang tadi didownload. Setelah itu cek berita terkait mengenai gambar tersebut, apakah sesuai dengan berita yang tadi atau tidak (hanya bisa menggunakan komputer).

Kesimpulannya adalah membedakan berita hoax dengan berita asli itu cukup mudah, kamu bisa menganalisa berita tersebut dan bandingkan dengan berita serupa yang ada disitus terpercaya seperti kompas.com ataupun liputan6. Yang terpenting adalah jangan mudah percaya pada suatu berita dan jangan malas untuk mengecek keasliannya, jadilah individu yang cerdas yang tidak mudah dibodohi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. 

Terima kasih sudah membaca artikel ini, mudah-mudahan bermanfaat bagi para pembacanya, sekian terima kasih.

Sumber referensi : kominfo.go.id

Heri Prasetyo
Saya Suka Menulis dan Membagikan Ilmu yang saya Miliki.