Tata cara, Niat, dan Penyebab Mandi Junub/wajib menurut islam

cara mandi wajib yang benar
cara mandi wajib yang benar

Portal Jawa – Halo sobat, apa kabar? Di postingan kali ini kami akan membahas mengenai Tata cara mandi junub yang benar menurut Islam. Untuk kalian yang sudah akhir balig biasanya untuk membersihkan najis besar harus mandi wajib atau mandi junub.

Mandi junub adalah proses membersihkan diri dari hadas besar atau kecil. Hadas besar seperti keluarnya air mani, bertemunya kemaluan, dan sehabis berhubungan suami istri.

Namun jika kalian hanya terkena hadas kecil kalian disarankan untuk sekedar berwudhu. Dengan berwudhu kalian bisa membersihkan najis tersebut. Akan tetapi jika hadas besar kalian wajib mandi junub karena najis yang ada pada tubuh kalian sangat besar.

Mandi junub biasanya di lakukan serta wajib di jalankan apabila kalian terkena hadas/najis besar. Apakah kalian tahu apa saja najis yang mengharuskan kita untuk mandi junub? Berikut ini merupakan najis yang mewajibkan kalian untuk mandi besar/wajib.

Penyebab Mandi Junub atau wajib

1. Keluarnya mani dengan syahwat

Jika kalian mengeluarkan cairan dari kemaluan kalian atau air mani. Kalian diwajibkan untuk mandi wajib atau junub. Karena kalian habis terkena hadas besar.

2. Bertemunya 2 kemaluan akan tetapi tidak keluar mani

Walaupun tidak keluar air mani pada dasarnya kalian sudah melakukan hadas besar seperti berhubungan badan. Karena itu salah satu hal yang membuat batal atau najis.

3. Berhentinya darah haid atau nifas

Untuk nifas dihukumi sama dengan haidh berdasarkan ijma’ (kesepakatan) para ulama. Asy Syaukani rahimahullah mengatakan, “Mengenai wajibnya mandi karena berhentinya darah haidh tidak ada perselisihan di antara para ulama. Yang menunjukkan hal ini adalah dalil Al Qur’an dan hadits mutawatir (melalui jalur yang amat banyak). Begitu pula terdapat ijma’ (kesepakatan) ulama mengenai wajibnya mandi ketika berhenti dari darah nifas”

Mungkin itu yang bisa kami beritahu mengenai apa saja hadas/najis yang mewajibkan kalian untuk mandi junub/wajib.

Kembali lagi ke Topik pembicaraan yaitu Tata cara mandi junub secara islam yang benar. Mungkin akan kami bahas secara sederhana dan agar kalian paham, khusus untuk yang sudah akhir balig tolong diperhatikan.

Cara mandi Junub/wajib yang benar

1. Pertama kalian harus membaca niat mandi junub terlebih dahulu. Kalian pastinya sudah tahu kan bacaan niat mandi wajib/junub. Kalau belum tahu silahkan simak berikut ini.

Niat mandi junub / wajib

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ اْلحَدَثِ اْلأَكْبَرِ مِنَ اْلِجنَابَةِ فَرْضًا لِلهِ تَعَالَى

“Aku niat mandi untuk menghilangkan hadats besar dari janabah, fardhu karena Allah ta’ala.”

2. Ambilah air lalu basuhlah tangan terlebih dahulu hingga tiga kali.

3. Bersihkan segala kotoran atau najis yang masih menempel di badan.

4. Berwudhu sebagaimana saat wudhu hendak shalat termasuk doa-doanya. Lalu pungkasi dengan menyiram kedua kaki.

5. Mulailah mandi besar dengan mengguyur kepala sampai tiga kali–bersamaan dengan itu berniatlah menghilangkan hadats dari janabah.

6. Guyur bagian badan sebelah kanan hingga tiga kali, kemudian bagian badan sebelah kiri juga hingga tiga kali.

Disarankan untuk menggosok gosok seluruh badan agar najis bisa hilang dengan sempurna. Tolong perhatikan pada saat mandi junub seluruh lipatan kulit atau seluruh badan harus terkena air. Ini dimaksudkan untuk badan kalian bersih dari hadas serta najis besar.

Mungkin itulah sedikit Tips dari kami tentang Tata cara mandi wajib atau junub menurut Islam. Yang kami sertai dengan Niat dan penyebab mandi junub. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua. Terimakasih telah menyempatkan waktu untuk membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Kuota habis !!
%d bloggers like this: