7 Tips Membuat Artikel Berkualitas Untuk Website Anda

Menulis artikel blog yang menarik memang tak mudah. Penting untuk mengetahui cara yang tepat. Informasi tips menulis artikel blog berikut ini paling SEO
91 / 100 Skor SEO

Portaljawa.comTips Membuat artikel menarik dan berkualitas terkadang memang bisa membuat stress. Topik menarik sudah didapat namun susah untuk merangkainya ke dalam kata-kata, tetap sulit. Jika sudah seperti ini, menggunakan layanan jasa artikel bisa menjadi solusi.

Namun jika anda ingin membuatnya sendiri, anda harus tahu bahwa Ada tuntutan dimana artikel anda di blog harus bisa menarik orang-orang untuk membacanya dari awal sampai akhir agar informasi yang terkandung di dalamnya dapat diterima dan bermanfaat bagi mereka.

Tips Membuat Artikel SEO Berkualitas untuk website Anda

membuat artikel berkualitas
Membuat artikel berkualitas

Bagaimana sebenarnya cara membuat artikel  menarik untuk sebuah blog? Simak tips-tips yang penting anda ketahui berikut ini :

1. Cari dan Pilih Topik yang Menarik

Untuk menghasilkan artikel blog yang menarik tentunya topik yang anda bahasa harus menarik pula.

Baca Juga :  5 Niche Blog paling ramai pengunjung

Fokuskan pikiran anda pada kebutuhan pembaca Anda. Lakukan riset dan brainstorming tentang pembahasan apa yang menarik serta dapat bermanfaat bagi mereka.

Anda dapat memperoleh ide topik dari berita-berita seputar dunia terkini yang anda baca. Kejadian unik yang anda lihat di sekitar. Serta topik hangat yang sedang ramai diperbincangkan oleh teman-teman anda.

Baca Juga :

2. Buat Judul yang Menarik

Judul merupakan kalimat pertama yang menjadi daya tarik pembaca pada saat mulai membaca sebuah artikel pada blog. Kesan pertama ini ternyata cukup menentukan bagi pembaca apakah ingin meneruskan membaca atau malah mencari artikel  yang lebih menarik di blog lain.

Oleh sebab itu, pilihlah judul yang menarik, tidak terlalu panjang (usahakan maksimal 70 karakter) dan sesuaikan dengan tema serta isi artikel blog supaya pembaca mendapatkan manfaat dan membagikan artikel anda ke pembaca lain.

3. Buat Artikel Listicle

Bila anda ingin memberikan penjelasan yang panjang dengan maksud agar pembaca mendapat informasi yang lebih lengkap, maka sebaiknya anda membuat artikel  listicle daripada narasi dengan menambahkan poin-poin dalam artikel anda.

Hal ini bertujuan agar artikel pada blog anda kelihatan rapi dan terstruktur dan dengan demikian pembaca pun merasa tertarik bahkan dapat membuat mereka membagikan tulisan anda lewat media sosial.

4. Paragraf Harus Singkat dan Jelas

Membuat artikel blog yang panjang dan bertele-tele hanya akan membosankan pembaca. Hindari membuat kesalahan tersebut dengan menulis paragraf yang tidak lebih dari 3-4 baris. Meski membutuhkan keterampilan menulis yang tinggi, namun hal ini akan menjadikan konten anda lebih baik.

Baca Juga :  Desain Rumah Modern Minimalis Elegan Cocok buat kamu

Perlu diperhatikan bahwa penulisan artikel blog yang terlalu panjang tidak menjadi jaminan blog tersebut lebih baik dibandingkan penulisan blog yang singkat.

5. Tambahkan Gambar untuk Meningkatkan Kualitas Secara Visual

Pemahaman tiap orang tentu berbeda. Ada yang cukup hanya membaca sekali, sudah memahami makna sebuah tulisan. Namun, ada yang butuh waktu lebih untuk mendapatkan makna tersebut.

Oleh sebab itu, akan lebih menarik bila blog Anda diisi tidak hanya sekedar tulisan/paragraf teks saja, namun dapat menambahkan visual baik berupa gambar, video, atau diagram. Jadi dapat membantu mengilustrasikan isi blog anda. Visualisasi ini juga dapat membangun dan menambah nilai dari tulisan anda.

Tambahkan 1 gambar di setiap 300 kata pada artikel blog anda. Pastikan gambar relevan dengan isi artikel. Beri judul gambar dengan deskripsi singkat dan jelas dan jangan lupa sesuaikan format dan ukuran gambar.

Baca Juga :  Cara membuat Kotak komentar di bawah Postingan blog

Anda dapat mengunduh gambar dari situs yang menyediakan gambar gratis untuk digunakan. Hati-hati ya, jangan sembarangan mencomot gambar dari situs lain. Bisa-bisa anda terkena masalah hak cipta karya orang lain.

6. Maksimalkan Artikel dengan SEO (Search Engine Optimization)

Pelajari tentang menambahkan meta deskripsi yang bermanfaat untuk SEO pada artikel anda. Gunakan keyword (kata kunci) dengan density kurang dari 1% dari total jumlah kata pada artikel anda. Pencantuman keyword yang terlalu sering akan membuat artikel anda terdeteksi spam oleh mesin pencari. Anda dapat menautkan keyword dengan link internal maupun eksternal yang relevan.

7. Membuat Paragraf Kesimpulan Itu Penting

Jangan remehkan membuat paragraf kesimpulan. Kesimpulan penting ada karena dapat memberi ulasan ringkas dan jelas tentang apa yang anda tulis, sehingga sangat memudahkan pembaca untuk memahami.

Paragraf kesimpulan juga dapat menarik pembaca untuk membaca keseluruhan tulisan serta dapat berfungsi mempersuasi pembaca untuk memanfaatkan informasi yang diulas dalam artikel anda.

Nah, semoga rangkuman tips di atas dapat membantu anda dalam membuat artikel blog yang menarik. Namun jika anda kesulitan untuk membuat artikel sendiri, anda bisa menghubungi jawarakonten.com untuk membuatkan artikel untuk anda.

Default image
Admin
Saya Suka Menulis dan Membagikan Ilmu yang saya Miliki.

Leave a Reply