7 Tips Menulis Artikel Blog agar diSukai Pembaca Masa Kini

83 / 100

portaljawa.com – Tips Menulis artikel blog dari portal jawa harus kreatif, sederhana serta berisi. Namun bila kita terlalu fokus pada standar SEO, perbedaan antara artikel blog milik kita tersebut, dengan kompetitor yang tampil dihalaman pertama amat tipis bahkan nyaris sama.

Salah sedikit dalam penyajian awal, maka artikel yang memiliki kualitas super jumbo sekalipun bisa jadi terabaikan. Judul konten yang tidak menarik bisa saja berfungsi sebagai penghias atau penyemarak tanpa daya tarik pada halaman pertama, alias minim klik.

Berdasarkan pengalaman saya, rata rata RKT (Rasio Klik Tayang) berkisar antara 50% – 75% meskipun posisi artikel berada pada urutan pertama.

Ingat, ranking 1 tidak menjamin tingginya tingkat konversi klik di SERP. Disini diperlukan optimasi judul konten yang benar-benar menggigit dan merasuk dan memiliki daya tarik tinggi.

Sedikit mendramatisir keadaan, dan memanipulasi perasaan pembaca saat berkunjung serta membaca konten kita juga penting, asalkan tidak berlebihan. Jika perlu, ajak pembaca untuk larut dalam situasi yang telah dihadirkan dalam konten itu.

Belajar dari beberapa skenario film atau drama yang menakjubkan, ataupun buku-buku best seller, maka yang menonjol adalah rasa penasaran dari audiens.

Nonton sekali, ingin sekali lagi dan seterusnya hingga tiada henti, bahkan semakin di simak semakin membuat hanyut dalam alur cerita.

7 Tips Menulis Artikel Blog Yang Bikin Pengunjung Betah

Kini saatnya Anda melakukan eksperimen kecil untuk melihat lebih, beberapa trik dalam menulis artikel blog yang bikin ngangenin dan ketagihan, simak trik selengkapnya di bawah ini.

1. Buat Judul yang Menarik

Konten yang ada secara keseluruhan sudah siap, tata bahasa yang juga sudah rapi dan mudah dipahami. Coba perhatikan dan baca sekali lagi judul yang ditulis, barangkali masih ada yang janggal atau perlu dibenahi. Jika iya, maka segera lakukan perubahan sebelum artikel diterbitkan.

Salah satu ciri judul yang bernilai ialah mengandung ajakan kepada pembaca untuk mengklik pada judul yang dihasilkan pencari di SERP. Bukan semata hanya mengedepankan standar SEO saja.

2. Tulis Headline yang Menarik Perhatian

Jika kita membagikan konten melalui sosmed seperti fb, WhatsApp atau twitter, maka kunci keberhasilannya ialah headline yang benar-benar menggigit.

Ciptakan keadaan seolah-olah, jika tidak dibuka maka akan sangat rugi. Kenapa bisa rugi? Karena isi secara keseluruhan benar-benar fantastis.

3. Tampilkan Kesan Pertama yang Menggoda Pembaca

Setelah judul dan headline dibenahi, kini saatnya kita memberikan kesan yang kebangetan kepada pembaca. Kesan pertama didapatkan pada kalimat pembuka sebuah konten.

Posisikan diri anda sebagai audiens, ciptakan paragraf pertama yang berkesan, sehingga pembaca mau melanjutkan untuk menuntaskan bacaannya. Kesan pertama dianjurkan berkesan menggoda, selanjutnya terserah Anda.

4. Buat Hati Pembaca Teraduk-aduk Jika perlu Baper

Setelah berhasil membuat pembaca melakukan klik pada judul dan headline yang menarik. Kesan pertama udah dikantongi, kini saatnya kita memainkan perasaan pembaca. Buatlah kalimat yang mengandung rahasia, yang seolah harus di baca hingga tuntas.

Manusia merupakan mahluk yang rasa penasarannya paling tinggi, belum dapat belum puas. Buatlah kesan yang asik dan bersahabat, maka pembaca Anda akan semakin tergila-gila.

5. Berikan Kejutan kepada Pengunjung

Jika pembaca sudah ikut larut dalam alunan yang mengalir, saatnya memberikan kejutan kecil yang mungkin sudah ditunggu-tunggu. Rasa penasaran akan terpuaskan manakala, mereka diberikan kejutan yang cukup mengagetkan.

Jika perlu, lakukan backflip service yang dapat membuat pembaca makin sayang. Contohnya, penyebutan panggilan akrab seperti ‘Bro’ ‘Bray’ ‘Anda’ ‘Sobat’ ‘Sahabat’ dan jenis panggilan akrab lainnya.

6. Ciptakan Ending yang Spektakuler Kepada Pengunjung

Ibarat sebuah pertunjukan, menyajikan ending yang spektakuler sangat penting dalam sebuah konten. Apajadinya jika konten yang super duper wow, tapi endingnya biasa aja. Ah, biasa aja kayak yang lain, atau kebanyakan blogger lain, lama kelamaan kita juga akan ditinggalkan dan berpindah ke lain hati.

Gimana membuat ending yang berkesan? Berikan poin dalam setiap penjelasan, kemudian akhiri dengan satu kesimpulan. Itu saja sebenarnya sudah cukup di tahap belajar ini.

7. Berikan Solusi Kepada Pembaca

Ada kalanya kita harus membantu menyelesaikan permasalahan pembaca yang berkunjung ke Blog kita. Caranya cukup mudah, Anda tinggal bikin entri yang sifatnya tips, cara melakukan, trik jitu dan lain sebagainya.

Inti dari entri yang seperti ini adalah panduan dalam menyelesaikan persoalan yang dihadapi. Jika mereka merasa terbantu, dengan sukarela mereka akan share postingan kita kepada temannya.

Contoh sederhana, buat artikel blog tentang panduan menulis seperti yang saya posting ini, dimana tujuannya untuk membantu pembaca dalam menulis yang efektif. Mungkin Anda saat ini butuh beberapa ide untuk bikin entri blog, mari temukan inspirasi segera.

Selanjutnya, Mari simak 7 Cara Menulis Artikel Blog Yang Baik dan Berkualitas sesuai Standar SEO Off Page.

Penutup

Demikian, ulasan singkat mengenai Tips menulis artikel Blog yang baik, spektakuler dan menarik untuk pembaca. Bagi blogger baru, saya sangat menyarankan anda untuk menerapkan beberapa tips di atas. Semoga berhasil meraih pengunjung yang banyak dan setia. Terima kasih.

Default image
Admin
Saya Suka Menulis dan Membagikan Ilmu yang saya Miliki.

Leave a Reply