pixabay

Ukuran Banner Youtube Yang Baik Dan Benar Dan Cara Memasangnya

Ukuran banner Youtuber- Ketika bergabung ke dunia Youtube, ada banyak sekali hal yang meski diperhatikan. Salah satunya adalah ukuran banner Youtube. Mengapa?

Karena hanya dengan menggunakan banner yang ukurannya pas saja yang akan membuat channel Anda menarik untuk dilihat.

Karena kita tidak bisa memungkiri, bahwa ketika memasang banner yang ukurannya tidak sesuai dengan ukuran banner Youtube yang ada, pasti akan membuat ada bagian yang terpotongnya ketika dilihat atau ditinjau pada perangkat yang berbeda.

Kalau untuk Youtuber lama, tentu sudah tahu ukuran banner Youtube yang tepat ya. Berbeda halnya dengan mereka yang baru saja merintis.

Untuk itu, simak penjelasannya berikut ini.

Ukuran banner Youtube

  •         Youtube menyarankan, agar semua Youtuber mengupload sebuah gambar, dengan ukuran 2560 x 1440 piksel.

Dengan dimensi minimalnya adalah 2048 x 1152 pixel. Sehingga, area yang sangat aman untuk logo dengan teks adalah 1546 x 432 piksel.

Maka, kalau Anda ingin logo dengan tulisannya kelihatan, Anda meski meletakkannya sesuai dengan area aman. Karena kalau nggak, sudah pasti gambarnya kepotong dong untuk beberapa tampilan.

  •         Untuk lebar maksimalnya adalah 2560 x 432 piksel. Lebar ini juga termasuk area yang sangat aman. Sehingga akan membuat logo dan tulisannya terlihat. Baik ketika ditampilkan pada layar TV, Laptop, ataupun ponsel.
  •         Sementara ukuran file yang disarankan adalah maksimalnya 6 MB. Kalau misalnya lebih besar daripada 6 MB, sudah pasti akan ditolak oleh pihak Youtube. Maka, pastikan dulu bahwa filenya mempunyai ukuran pas 6 MB, atau di bawahnya.

Cara memasang banner Youtube

Setelah mengetahui ukuran banner Youtube yang sesuai dengan ketentuan, sekarang kita akan bahas mengenai cara memasangnya ya. Bagaimana sih sebenarnya cara memasang banner Youtube?

Baca Juga :  5 Tips Bermain Game Yang Sehat dan Baik Bagi Tubuh

Tahukah Anda, bahwa sebenarnya, proses pemasangan banner ini tergolong sangat mudah. Namun, tentu agak membingungkan bagi yang pertama kali ya.

Maka, ikuti langkah-langkah simple dan mudah berikut ini. Tapi perhatikan dahulu, bahwasanya, memasang banner Youtube ini hanya dapat Anda lakukan pada laptop atau PC ya.

  1. Buka PC atau laptop Anda, kemudian login ke channel Youtube yang akan Anda ganti bannernya.
  2. Di bagian menu atas sebelah kanan, pilih yang my channel, atau channel saya.
  3. Kemudian, klik menu customize channel. Karena Anda akan mengubah banner, maka tinggal klik saja bagian edit, dan pilih edit channel art.
  4. Lalu, silahkan upload gambar ataupun foto yang sudah ada di laptop atau computer. Selain itu, Anda juga dapat mengklik tab galeri untuk memudahkan pemilihan gambar.
  5. Jika sudah, Anda akan melihat bagian preview atau pratinjau tampilannya. Jika ada yang dirasa kurang cocok, bisa pilih sesuaikan cropping.
  6. Kalau merasa sudah ok, tinggal klik pilih. Dan selesai.

Bagaimana, sangat mudah sekali bukan?

Saran untuk para Youtuber

Di bagian akhir, kami ingin memberikan saran kepada para Youtuber pemula. Bahwa, Anda meski memahami, bahwasanya menjadi Youtuber bukanlah perkara yang mudah.

Terutama ketika masih merintis. Karena ada banyak syarat yang meski dipenuhi, agar akun Anda segera monet. Ia kan?

Maka, cobalah untuk menikmati prosesnya. Meski agak susah, jangan pernah mundur.

Jalani saja, dan terus konsisten mengupload konten. Karena jika diperhatikan, banyak youtuber pemula yang gagal karena kurang menikmati prosesnya.

Dan ingin sesuatu yang instan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.