Ungker adalah hama pohon jati yang bisa di konsumsi. Salah satu kuliner dari grobogan yang ekstrim. DiKabupaten Grobogan yang terkenal dengan pohon jatinya.

Ungker Kuliner dari grobogan – Kalian pernah ngga gan mendengar kata Ungker. Kalian yang tinggal diperkotaan pasti akan bertanya – tanya apa itu Ungker.

Ungker adalah hama pohon jati yang bisa di konsumsi. Di Kabupaten Grobogan yang terkenal dengan pohon jatinya akan selalu panen Ungker pada awal bulan november hingga desember.

Baca Juga :  Tips Menjadi Bisnisman Sukses dan Berhasil

Meskipun dibilang hama kedatangan Ungker sangat ditunggu – tunggu. Apalagi yang doyan sekali makan Ungker pasti sampai rela pergi ke hutan untuk mencarinya. Ungker menjadi salah satu kuliner dari Grobogan yang terbilang ekstrim.

Karena pergantian musim yang menyebabkan daun jati gugur. Nah ketika daun jati berguguran disitulah warga Grobogan panen Ungker. Ungker biasa disebut juga inthung. Namun bisa juga kalian sebut Kepompong daun jati.

Baca Juga :  Waspada, Inilah 4 Faktor Hp Meledak saat Pengisian Daya

Ungker atau yang sering di kenal sebagai ulat/kepompong daun jati. Menjadi kuliner Grobogan yang setiap tahun viral. Menjadi salah satu lauk paling nikmat bagi masyarakat Grobogan.

Ungker banyak ditemui di daerah yang memiliki hutan jati. Contohnya di Kecamatan Karangrayung hingga di daerah Blora Jawa Tengah.

Baca Juga :  Cara Merawat HP Agar Tidak Cepat Rusak Menurut Tribun

Ungker bisa kalian dapatkan dengan mudah di bawah pohon jati yang sedang gugur. Biasanya pohon jati yang banyak terdapat Ungker ialah daunnya yang berlobang. Mencari Ungker mungkin sudah tidk asing dilakukan oleh masyarakat Grobogan.

Ungker bisa kalian masak dengan cara di oseng. Rasanya nikmat dan bikin ketagihan bro. Ungker menjadi salah satu lauk gratis bagi masyarakat di Kabupaten Grobogan dan sekitarnya.

Baca Juga :  Daftar Lengkap Kata Regular Verb Beserta artinya

Selain bisa di konsumsi sendiri Ungker juga bisa dijual. Dan harganya pun lumayan tinggi. Harga pergelas saja bisa menyentuh 15.000 rupiah. Namun jika Ungker sudah siap makan harganya akan jauh lebih mahal.

Baca Juga :  SafelinkU Pemendek URL Terbaik di indonesia 2020

Kenapa Ungker bisa dengan mudah Di temui di Grobogan. Karena di Kabupaten Grobogan masih banyak hutan pohon jati. Dan pastinya setiap tahun pasti ada musim di mana Ungker banyak bermunculan.

Ungker “Kuliner Ekstrim dari Grobogan”

Menurut warga Ungker itu rasanya gurih dan enak banget. Banyak sekali protein di dalam Ungker. Namun mimin belum pernah mencobanya Hehe. Padahal mimin asli orang Grobogan.

Baca Juga :  Tutorial Drone View Mobile Legend Support brawl 100% Work lebar banget

Untuk memasak Ungker agar lezat, kamu harus tau bagaimana teknik memasaknya. Serta bumbu yang harus kalian gunakan harus pas. Agar oseng – oseng Ungker bisa kalian nikmati.

Baca Juga :  Lowongan CPNS bulan Oktober 2019 akan segera dibuka

Musim yang banyak terdapat Ungker biasanya musim kemarau. Namun terkadang musim penghujan Seperti sekarang juga ada kok.

Untuk kalian yang males berlomba – lomba mencari Ungker. Bisa saja membelinya mau yang masih mentah atau yang sudah menjadi masakan.

Karena banyak sekali penjual dadakan yang menjajakan Ungker. Coba kalian jika punya grup di facebook daerah Grobogan atau Purwodadi. Pasti banyak sekali warganet yang menjual Ungker secara online.

Baca Juga :  Fenomena unik di Waduk Kedung ombo (WKO) Sragen

Kalian tinggal pesan saja kemudian bisa melakukan COD. Menurut teman kami Ungker bisa bertahan hingga 2 sampai 3 hari jika sudah dimasak.

Kalian tidak akan kesulitan membuat resep Ungker yang lezat. Karena pastinya dengan membeli kalian tinggal makan saja.

Baca Juga :  6 Keuntungan Memulai Bisnis di Usia Muda

Resep Ungker

  1. 1/4 kg ungker
  2. 5 buah cabai setan
  3. 5 siung bawang putih
  4. 5 siung bawang merah
  5. 1 ruas jari lengkuas
  6. 2 buah tomat
  7. Secukupnya daun kedondong
  8. Secukupnya gula
  9. Secukupnya garam
  10. Secukupnya penyedap masakan
  11. Secukupnya minyak goreng

Cara Memasak Ungker

1. Cuci bersih ungker lalu rebus kurang lebih 10 menit tiriskan

2. Kupas, cuci dan potong cabai, tomat, bawang merah, bawang putih lalu tumis hingga harum masukan lengkuas daun kedondong dan ungkernya dan jgn lupa tambahkan garam gula penyedap masakannya ya bun..jgn lupa icip.. tumis hingga matang

Baca Juga :  Mengenal Anatomi Sistem Pencernaan Manusia beserta Fungsinya bagi Tubuh

Nah mungkin itulah sedikit Informasi mengenai Ungker yang dapat portaljawa berikan. Semoga artikel ini dapat menambah informasi kalian gan. Bagikan artikel ini kepada teman maupun keluarga kalian. Terimakasih gan..

Bagikan:

Heri Prasetyo

Saya Suka Menulis dan Membagikan Ilmu yang saya Miliki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *