virus corona di indonesia

Virus Corona di Indonesia, diduga muncul di 2 daerah berikut

Virus Corona di Indonesia – Halo sobat portaljawa, kabar kurang baik masih terjadi di Tanah Air kita ini. Virus corona Wuhan di duga sudah sampai ke Indonesia. Kabar ini sempat membuat geger warga bandung yang katanya menjadi daerah pertama yang diduga terserang penyakit ini.

Virus corona merupakan salah satu virus yng menyerang bagian pernapasan manusia. Gejala – gejala virus corona sudah kami sampaikan di artikel sebelumnya.

Pengertian Virus Corona ?

Virus bernama lengkap novel Coronavirus (2019-nCoV) ini pertama kali muncul di kota Wuhan China. Kemudian menyebar dengan sangat cepat di penjuru dunia seperti Asia, Eropa, dan Amerika.

Virus ini sudah mengakibatkan korban meninggal lumayan banyak sekitar 20 orang. Serta masih terus bertambah seiring berjalannya waktu. Virus ini juga menginfeksi ratusan orang wuhan dan daerah sekitarnya.

Virus yang menyebabkan wabah pneumonia di Wuhan, Tiongkok ini terbilang misterius. Para ahli mengidentifikasi sebagai virus corona jenis baru. Virus yang menyerang pernapasan itu dinamai dengan novel coronavirus atau 2019-nCoV (dikutip dari halodoc). 

Baca Juga :  5 Tips Rahasia Menjaga Kesehatan Mental

Sebenarnya terdapat beberapa vaksin pneumonia yang ditujukan untuk mencegah pneumonia. Akan tetapi, vaksin tersebut tak bisa mencegah pneumonia yang sedang mewabah saat ini karena virus corona jenis baru. Oleh sebab itu, pemerintah Tiongkok mengkarantina kota Wuhan yang berpenduduk 11 juta orang. 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) belum menyatakan virus corona sebagai “public health emergency”. Ketetapan ini dinilai sementara karena virus ini merupakan kasus baru. Menurut Direktur Jenderal WHO, penetapan darurat kesehatan global ini akan terus berkembang sesuai dengan informasi baru yang diterima. 

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Kementerian Kesehatan RI, mengatakan, ada satu pasien yang terduga tertular virus corona. Pasien yang kini di rawat di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta, memiliki riwayat perjalanan dari China. Sampai saat ini, pihak rumah sakit masih melakukan observasi lebih lanjut. 

Menteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto, dalam rilis di Sehatnegeriku – Kemenkes, mengatakan pemerintah memperketat pintu masuk negara dengan menyiagakan alat deteksi berupa thermo scanner. 

Tujuannya jelas, guna mencegah masuknya Novel Coronavirus (2019-nCoV)  ke Indonesia. Melalui alat tersebut, nantinya para penumpang bisa dideteksi sejak dini apakah ada potensi gejala terjangkit virus tertentu.

Baca Juga :  18 Manfaat Daun Suruhan, Ampuh Obati Penyakit Kronis

Sampai saat ini, sebanyak 135 thermo scanner telah diaktifkan di 135 pintu masuk negara, baik darat, laut maupun udara. Tak cuma itu saja, pemerintah juga memberikan health alert card, hingga menyiapkan 100 RS rujukan infeksi emerging.

Virus Corona Di Indonesia ?

Virus corona diduga masuk ke Indonesia di bawa oleh seorang pekerja bangunan Warga Negara China. Dia bekerja di PT.KCIC (Kereta Cepat Indonesia China). Namun untuk lebih tepatnya belum di ketahui karena Rumah sakit yang memeriksanya belum bisa memastikan.

Tapi menurut Atasan Korban di PT. Kereta Cepat Indonesia-China, Pekerjanya tidak mengidap penyakit corona, Namun hanya sakit demam berdarah.

Pekerjanya sekarang sedang di periksa dan dirawat di Rumah sakit Hasan Sadikin Bnadung. Perawat dan dokter belum bisa di mintai keterangan mengenai penaykit yang di derita oleh seorang Warga Negara China Tersebut.

Dokter juga sedang melakukan pemeriksaan lebih lanjut hingga mengirim sampel hasil pemeriksaan ke Jakarta. Nah untuk mengetahuinya Dokter dari Rumah sakit Hasan Sadikin menunggu hasil pemeriksaan dari Jakarta. Selama menjalani perawatan WN China tersebut di Isolasi untuk menjaga kejadian yang tidak diinginkan.

Baca Juga :  4 Tips agar Kulit Sehat dan Cantik Alami

Mereka membenarkan bahwasanya Pekerjanya itu sudah dari bulan Oktober berada di Indonesia. Serta pekerjanya tidak pulang ke China sampai saat ini.

Kapan Virus Corona Muncul ?

Melihat Penyakit Korona ini mewabah sekitar bulan Januari. Pernyataan ini cukup menjelaskan bahwa Pekerjanya itu hanya sakit demam berdarah tidak terinfeksi virus corona.

Namun kita sebagai warga negara Indonesia harus tetap berhati – hati. Karena virus ini sangat cepat tertular melalui sentuhan, percakapan, hingga kabar paling mengerikan bisa menular lewat mata.

Pencegahan Virus Corona 

Untuk melakukan pencegahan kita harus selalu menjaga kebersihan anggota tubuh kita, mencuci tangan sebelum makan, menjaga tubuh agar tidak kekurangan air, perbanyak minum air putih untuk menjaga metabolisme tubuh kita.

masyarakat di harap bekerja sama dengan pemerintah Jika ada saudara atau diri kita sendiri terinfeksi virus corona. Harap langsung pergi ke Rumah sakit untuk dilakukan pemerikasaan lebih lanjut . Serta untuk mencegah terjadinya penularan yang meluas di lingkungan tersebut.

Mungkin hanya ini kabar yang bisa kami berikan semoga Informasi mengenai Virus Corona dapat menambah informasi kalian. Terimakasih sudah berkunjung di website kami ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *