Virus Corona : Gejala penyakit, Penyebab, dan Pencegahannya

  • Whatsapp
virus corona

PortalJawa.com – Halo sobat ,kalian tahu ngga sih di China sedang dilanda musibah. Negara Tiongkok ini sedang di landa wabah penyakit. Penyakit itu ialah Virus Corona.

Penyakit ini merupakan penyakit baru yang diidap oleh manusia. Hingga kini korban yang terjangkit virus corona sudah lumayan banyak. Penyakit corona sendiri pertama kali muncul di wilayah Wuhan China. Virus ini pertama kali ditemukan oleh seorang dokter yang melakukan riset penyakit ini. Dan ternyata Dokter tersebut mengaku terinveksi virus yang di selidikinya itu.

“Saya terdiagnosa corona, namun kondisi saya baik-baik saja.” ujar Wang Guangfa, Kepala Departemen Pengobatan Paru di Peking University First Hospital, Beijing, China.

Apa itu Virus Corona ?

apa itu virus corona

Virus Corona adalah virus baru penyakit saluran pernafasan (Novel Coronavirus), Penyakit ini seperti pneumonia. Pneumonia merupakan sebuah virus yang menginfeksi bagian dindin paru -paru.

Virus Corona juga dapat ditularkan oleh hewan ke manusia. Karena virus ini juga termasuk dalam jenis virus Zoonosis. Hingga saat ini Virus ini terdapat 6 jenis yaitu alpha coronavirus (NL63 dan 229E), Coronavirus beta (HKU1 dan OC43) serta dua lainnya, SARS-CoV dan MERS-CoV dikenal karena gejalanya yang mengancam jiwa.

Baca Juga :  5 Manfaat Smartphone Dalam Kehidupan Sehari-hari

Beberapa hewan mamalia laut memang bisa membawa virus corona seperti paus Beluga namun pasar juga memiliki hewan liar termasuk ayam, kelelawar, kelinci, ular, yang lebih cenderung menjadi sumbernya.

Virus Korona ini merupakan virus yang dapat menular ke semua orang. Pemerintah Tiongkok sendiri memerintahkan masyarakatnya untuk tidak berkunjung ke daerah asal munculnya virus itu yaitu Wuhan.

Karena pihak setempat mengabarkan bahwa di Wuhan China sudah banyak sekali yang mengidap penyakit coronavirus. Terakhir di kabarkan penyakit ini telah merenggut setidaknya 6 korban meninggal dunia dan hingga kini terdapat 300 kasus yang disebabkan oleh virus mematikan ini.

Pemerintah sudah mewajibkan masyarakatnya untuk menggunakan masker saat bepergian. Karena untuk menghindari penularan yang di sebabkan oleh virus corona ini.

Baca Juga : Dokter Boyke Meninggal Dunia

Gejala Virus Corona

Gejala penyakit virus corona

Gejala penyakit Coronavirus ini memang sangat sulit untuk diidentifikasi secara tepat. Namun ada beberapa cara mengetahui Gejala penyakit ini ialah sebagai berikut ;

  • Sakit tenggorokan
  • Sakit kepala
  • Hidung beringus
  • Bersin
  • Batuk
  • Demam
  • Kelelahan
Baca Juga :  Fakta Unik Pantai Santolo Garut 2019 - Info Tiket dan Penginepan

Ke tujuh gejala penyakit corona itu bisa setidaknya memberi jawaban ketika seseorang akan terjangkit penyakit mematikan ini.

Virus Corona dapat menyebabkan gejala Flu ringan hingga sedang. Virus ini juga dapat menyebabkan gangguan pernafasan hingga gagal ginjal. Yang paling parahnya hingga bisa membuat penderita tutup usia.

Baca Juga : Inilah Penyakit yang di derita Agung Hercules

Penyebab Virus Corona

Virus Corona atau Korona dapat menjangkit manusia melalui sentuhan tangan maupun ketika si penderita berbicara saling berhadapan.

Penyakit ini sangat mudah menular ,bisa juga di tularkan melalui batuk ataupun bersin.

Penyebab lain ialah ketika kalian mengkonsumsi makanan yang berasal dari wilayah wuhan. Karena wuhan menjadi tempat bersarangnya pemyakit corona.

Pencegahan Coronavirus

virus corona , penyebab virus corona, gejala virus corona

Hindari bersentuhan dengan hewan atau bangkai hewan, hindari mengkonsumsi daging mentah, telur, dan selalu menjaga kebersihan dengan mencuci tangan dengan sabun.

Hindari berkunjung ke rumah sakit, atau pasar tradisional, dan pakai masker tipe N96 bila berkunjung ke tempat tersebut di atas.

Bila ada pihak yang kembali dari Wuhan Cina ke Taiwan, mengalami demam panas atau mirip pilek batuk influenza, segera inisiatif ke rumah sakit terdekat dan ceritakan tempat-tempat yang pernah di kunjungi selama perjalanan selama di kota Wuhan Cina. Mohon kejujurannya, agar virus tidak menyebar dan menulari orang orang di sekitar kita.

  • Hindari makan daging dan telur mentah.
  • Hindari area berasap atau merokok.
  • Minum obat segera setelah gejalanya muncul dan jangan biarkan kondisinya menjadi parah
  • Cuci tangan setelah bersin atau batuk.
  • Tutup mulut sebelum batuk atau bersin.
  • Jika Anda yakin telah terinfeksi, hindari kontak dekat dengan orang-orang.
  • Lakukan istirahat yang tepat
  • Tinggal jauh dari keramaian
Baca Juga :  Cara Meningkatkan traffic Blog Download

Nah mungkin itulah sedikit informasi yang bisa Portaljawa berikan mengenai Virus Corona atau Coronavirus. Untuk masyarakat Indonesia yang ada di Luar sana jagalah Kesehatan. Untuk itu kami ucapkan terimakasih sudah berkunjung di website kami.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 Komentar